Bakamla RI dan Konjen Filipina Bahas Kolaborasi Program Kerja

Kantor Keamanan Laut (Kamla) Zona Maritim Tengah, Bakamla RI, dan Konsul Jenderal Filipina membahas peluang kolaborasi program kerja dalam hal keamanan maritim dan kawasan perbatasan Indonesia-Filipina.

Hal itu terungkap saat Kepala Kantor Keamanan Laut Zona Maritim Tengah Laksma Bakamla Hanarko Djodi Pamungkas, menerima kunjungan Konsul General Filipina Mrs. Angelica C. Escalona di Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Bakamla RI, Kota Manado, Sulawesi Utara, Rabu (11/5/2022).

Menurut Hanarko, program kerja antara kegiatan Konsul General Filipina di Manado dengan Bakamla RI terkhusus Kantor Keamanan Laut Zona Maritim Tengah, memiliki tujuan yang sama dalam hal keamanan maritim dan kawasan perbatasan Indonesia-Filipina.

Hanarko Djodi dalam penyambutannya mengucapkan selamat kepada Mrs. Angelica C. Escalona sebagai Konsul General Filipina di Manado yang baru.

“Terima kasih kepada Mrs. Angelica yang telah meluangkan waktunya untuk berkunjung ke Kantor Kamla Zona Maritim Tengah, kedatangan Mrs. Angelica beserta pendamping merupakan kehormatan bagi Bakamla RI Zona Tengah,” katanya, dilansir dari InfoPublik.

Dalam kesempatan itu, Laksma Badan Keamanan Laut Hanarko berkempatan menjelaskan tugas dan fungsi Badan Keamanan Laut RI di wilayah kerja Zona Maritim Tengah yang berada pada jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II.

Hanarko Djodi membeberkan kemampuan deteksi kapal yang dimiliki SPKKL dan SB Bakamla RI yang berada diwilayah kerja Zona Tengah. Terlebih, rencana penguatan sistem peringatan dini berteknologi tinggi milik Bakamla RI di tahun 2022 ini.

Menurut Hanarko, Badan Keamanan Laut RI dan Philippine Coast Guard (PCG) telah menjalin kerja sama dalam bidang keamanan maritim sejak 11 Juni 2019. Banyak hal yang telah dicapai dari hasil kerja sama tersebut. Diantaranya latihan bersama dalam pengembangan kapasitas personel dan pertukaran informasi dalam hal keamanan maritim kawasan.

BACA JUGA  Kepulauan Natuna dalam Perspektif Maritim Clear 100% Milik Indonesia!

Hanarko berharap kerja sama ini terus dapat ditingkatkan dalam bidang lainnya terutama patroli terkoordinasi antara Badan Keamanan Laut RI dengan PCG.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Cabuli Anak Bawah Umur, Sopir Asal Ponorogo Diringkus

Seorang pemuda asal Ponorogo dilaporkan ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Blitar karena melakukan tindakan pencabulan terhadap gadis di bawah umur asal...

Gaya Hidup

Kenali Perbedaan Alergi Matahari dan Terbakar Matahari

Alergi matahari dan terbakar matahari terkadang sulit dibedakan karena gejala yang muncul hampir serupa. Padahal, keduanya disebabkan oleh reaksi yang berbeda pada kulit. Nah,...

Peristiwa

Pasutri Tewas Usai Tabrak Truk di Jalinbar

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Pekon Kotabatu, Kecamatan Ngaras, Kabupaten Pesisir Barat pada Minggu, 22 Mei 2022, sekitar 06.30 WIB....

Hukum

Direktur RSUD di Payakumbuh Ditetapkan Jadi Tersangka Korupsi

Sebanyak 6 tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) ditetapkan Kejaksaan Negeri Kota Payakumbuh. Mereka ditetapkan sebagai tersangka setelah menjalani pemeriksaan selama...