Amazon: Brasil Berikan Izin untuk Membuka Jalan Raya Melalui Jantung Hutan

Otoritas lingkungan Brasil pada Kamis memberikan izin awal yang akan memungkinkan jalan raya utama diaspal melalui pusat hutan hujan Amazon, kata menteri infrastruktur, dalam sebuah langkah yang mengancam akan meningkatkan deforestasi.

Presiden sayap kanan Jair Bolsonaro dalam kampanye telah berjanji untuk memperbaiki jalan, yang disebut BR-319, yang akan menghubungkan kota Amazon terbesar di Manaus sepanjang tahun ke seluruh Brasil.

Jalan ini awalnya dibangun oleh kediktatoran militer Brasil pada 1970-an, tetapi dengan cepat rusak karena kondisi hutan hujan yang keras. Sebagian besar rute merupakan hamparan lumpur yang tidak dapat dilalui selama kira-kira 6 bulan musim hujan.

Pengaspalan jalan akan memungkinkan penebang liar dan perampas tanah untuk lebih mudah mengakses kawasan hutan yang terpencil dan relatif tidak tersentuh, kata pakar lingkungan. Sebuah studi memperkirakan proyek tersebut akan menghasilkan peningkatan deforestasi lima kali lipat pada tahun 2030, setara dengan area yang lebih besar dari negara bagian Florida di AS.

Melemahnya perlindungan lingkungan Bolsonaro telah mendorong deforestasi yang melonjak, dengan pembukaan hutan Amazon Brasil mencapai level tertinggi dalam 15 tahun pada tahun 2021.

Menteri Infrastruktur Marcelo Sampaio mengumumkan izin di Twitter, memposting gambar izin dari badan lingkungan Ibama. Agensi tidak segera menanggapi permintaan komentar.

“Dalam penyelarasan teknik dan penghormatan terhadap lingkungan, kami akan membawa masyarakat negara bagian Amazonas keluar dari isolasi,” tulisnya.

amazon
Pemandangan udara dari jalan raya BR-319 dekat kota Humaita, negara bagian Amazonas, Brasil, 22 Agustus 2019. Photo: Reuters/Ueslei Marcelino

Izin awal akan memungkinkan pemerintah untuk mengontrak perusahaan untuk mengaspal bagian tengah jalan terbesar yang dalam kondisi terburuk. Kontraktor akan menyusun rencana tetapi akan membutuhkan izin lain untuk memulai pembangunan.

Lisensi pertama ini akan menetapkan banyak persyaratan dalam rencana yang harus dipenuhi untuk memulai konstruksi, kata Marco Aurelio Lessa Villela, mantan analis lingkungan di Ibama.

BACA JUGA  Dengan Bantuan Paranormal, Wanita Brasil Merampok Ibunya $142 Juta

“Pasti ada daftar besar hal-hal … yang diperlukan agar jalan di tempat itu tidak menjadi tragedi, kata Villela.

Namun, izin awal berarti ada peluang bagus jalan itu bisa bergerak maju, katanya.

“Saya berharap segera ada satu izin lagi dan kami (Departemen Perhubungan) dapat mulai menawar dan mengerjakan pengaspalan BR-319,” kata presiden.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Diduga Gegara Bisnis, Pria di Bekasi Jadi Korban Penculikan

Seorang pria di Bekasi yang berinisial A diculik oleh pria inisial J. Permasalahan itu berawal dari urusan modal bisnis antara pelaku dan korban. Peristiwa penculikan...

Hukum

Kasus Baim Wong Terkait Konten KDRT Naik ke Tahap Penyidikan

Baim Wong dan sang istri Paula Verhoeven diketahui harus berurusan dengan proses hukum usai mengunggah konten diduga prank KDRT kepada polisi. Gara-gara unggahan tersebut,...

Iklan3