Alami Rambut Berminyak, Ketahui Cara Mengatasinya

Rambut berminyak sering kali terlihat kusam, mengilap, dan susah diatur. Hal ini tentu membuat Anda alami tidak nyaman dan terganggu. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beragam cara yang mudah dan ampuh untuk mengatasi keluhan rambut berminyak.

Kulit kepala mengandung minyak alami atau sebum yang diproduksi oleh kelenjar minyak. Terkadang, kelenjar ini bekerja terlalu aktif sehingga menghasilkan lebih banyak minyak. Akibatnya, kulit kepala menjadi berminyak dan rambut pun terlihat kusam, lepek, dan sulit diatur.

Penyebab Rambut Berminyak

Setidaknya ada tiga faktor yang dapat menyebabkan rambut dan kulit kepala berminyak, yaitu:

  1. Hormon

Salah satu hormon yang dapat memengaruhi produksi minyak pada kulit dan rambut adalah hormon androgen. Untuk beberapa kondisi, kadar hormon ini dalam tubuh dapat meningkat sehingga memicu kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak.

Kadar hormon yang tinggi bisa terjadi pada remaja, wanita yang sedang menstruasi, dan ibu hamil.

  1. Faktor genetik

Rambut berminyak dapat diturunkan secara genetik dari orang tua ke anak. Jika Anda memiliki orang tua dengan rambut berminyak, kemungkinan besar rambut Anda pun juga berminyak.

  1. Kondisi medis

Beberapa jenis penyakit, seperti dermatitis seboroik, juga dapat menyebabkan kulit kepala dan rambut berminyak. Penderita kondisi ini juga tak jarang mengalami keluhan rambut berketombe, bercak kemerahan di kulit, dan kulit mengelupas yang disertai rasa gatal.

Tips Mengatasi Rambut Berminyak

Siapa pun dapat alami rambut sehat dan berkilau, termasuk Anda yang memiliki rambut berminyak. Beberapa tips berikut ini bisa Anda lakukan di rumah untuk mengurangi atau mengatasi minyak pada rambut:

  • Hindari mencuci rambut lebih dari satu kali setiap hari, karena justru membuat kelenjar di rambut dan kulit kepala memproduksi lebih banyak minyak. Cuci rambut setidaknya 1 kali sehari.
  • Gunakan sampo khusus untuk rambut berminyak guna membersihkan kulit kepala tanpa membuat rambut menjadi kering dan memicu produksi minyak berlebih. Anda pun bisa meminta saran dari pakar kecantikan rambut atau dokter kulit.
  • Gunakan produk perawatan rambut yang mengandung lidah buaya. Tanaman ini dipercaya efektif untuk mengurangi minyak pada rambut dan kulit kepala, sehingga rambut bisa menjadi lebih sehat, kuat, lembut, dan berkilau.
  • Cuci rambut dengan larutan cuka sari apel (apple cider vinegar) dan air. Larutan ini diduga dapat menyeimbangkan kadar pH di kulit kepala.
  • Bilas rambut dengan teh hijau. Teh hijau mengandung zat tannin yang diduga dapat mengatasi kelebihan minyak sekaligus menutrisi kulit kepala.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu Anda hindari agar tidak memperburuk kondisi rambut berminyak yang dialami, antara lain:

  • Hindari penggunaan kondisioner hingga ke akar rambut karena justru bisa membuat rambut menjadi tambah berminyak. Cukup oleskan kondisioner di bagian ujung rambut, lalu bilas.
  • Hindari penggunaan produk perawatan rambut berbahan minyak.
  • Hindari terlalu lama menyisir rambut, karena bisa merangsang kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak.
  • Hindari terlalu sering meluruskan rambut dengan alat catok rambut. Suhu panas dari alat tersebut dapat memicu produksi minyak pada rambut.
  • Hindari terlalu sering menyentuh rambut, karena semakin sering rambut disentuh, semakin banyak minyak yang diproduksi.

Beberapa cara di atas bisa menjadi solusi jika anda alami rambut berminyak dan merawat keindahan serta kesehatan rambut Anda. Selain itu, jangan lupa untuk meminta saran dari pakar rambut atau berkonsultasi dengan dokter, jika rambut berminyak tidak kunjung teratasi.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

6 Rumah Rusak hingga Jembatan Putus Akibat Banjir dan Tanah Longsor di Bogor

Peristiwa musibah banjir dan tanah longsor terjadi di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Banjir dan tanah longsor diakibatkan tingginya intensitas hujan dan meluapnya...

Hukum

Usaha Banding Ditolak , Majikan Adelina Tetap Bebas

Mahkamah Persekutuan Malaysia di Putrajaya, Kamis (23/6), menolak upaya banding jaksa atas putusan pembebasan S Ambika yang didakwa membunuh asisten rumah tangga asal Nusa...