Alami Kecelakaan, Pekerja Migran Asal Mesuji Meninggal di Taiwan

Seorang warga yang berinisal SU (31) tahun asal Kecamatan Panca Jaya, Mesuji meninggal di Taiwan karena kecelakaan lalu lintas.

Samsi Hermawan, Kabid Perencanaan Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Mesuji menyampaikan SU berangkat ke Taiwan sejak Februari 2020 lalu untuk bekerja sebagai asisten rumah tangga.

“Dia bekerja sebagai ART sebelum alih agency pada November 2020. Tanggal 11 Juni dia kecelakaan lalu lintas. Dia dinyatakan meninggal 14 Juni 2022 lalu,” ujar Samsi.

Jenazah SU tiba di Mesuji pada Sabtu 30 Juli 2022. Jenazah SU dimakamkan di Kecamatan Mesuji Timur, domisili dari orang tuanya.

“Ada waktu jeda hingga 45 hari. Karena di Taiwan, jika ada yang meninggal karena kecelakaan harus ada sidang yang menyatakan dia meninggal karena kecelakaan. Perusahaan yang dulu memberangkatkan masih mau memfasilitasi untuk keluarga korban menerima hak-haknya,” lanjutnya.

Selain SU, Disnakertrans saat ini sedang mengurus kepulangan AS (25) warga Kecamatan Panca Jaya, Kabupaten Mesuji, yang mengalami depresi di Malaysia.

Berangkat ke Malaysia sejak Maret 2016 lalu, AS diklaim keluarganya tidak pernah menerima gaji.

Menurutnya, keberangkatan AS tidak dilaporkan ke Disnaker atau non prosedural.

“Setelah 2 tahun bekerja disana di kebun milik perorangan, dia pindah kerja, tapi kondisinya tidak berubah, tetap sama. Keluarga mengklaim dia tidak pernah menerima gaji selama 6 tahun ini,” jelas Samsi.

Nakertrans saat ini sedang mendata keluarga dan temen AS di Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (disingkat BP2MI). (Kay)

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

5 Tanda Dia Punya Hati Tulus Menyayangimu

Ketika di masa pendekatan, biasanya ada upaya untuk bisa saling mengenal satu sama lain. Selain itu, kita perlu meyakinkan ada hati yang tulus menyayangi sebelum melangkah...

5 Cara Redakan Rasa Marah

Peristiwa

Sebuah Mobil Terbalik di Setra Desa Adat Sidemen Bali

Sebuah mobil jenis Suzuki Splash dengan nomor polisi DK 1178 CU terbalik di setra (kuburan) Desa Adat Sukahet, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, pada Rabu...

Hukum

Asyik Nyabu, Oknum Pegawai Honorer Dinas Pertanian Sumsel Digrebek

Polisi menggerebek seorang oknum pegawai honorer Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berinisial RE (26) saat tengah asyik mengisap sabu. Petugas lapangan pertanian atau...

Iklan 6