Aktivis di Lampung Jadi Korban Pelecehan

- Advertisement -
Seorang aktivis perempuan muda berinisial CGS (22) tahun menjadi korban pelecehan. Hal itu dialami korban pada hari Kamis (21/4) sekitar pukul 21.00 WIB saat melintas di Sawitan Natar, Desa Natar, Kecamatan Natar, Lampung Selatan.

Kejadian itu bermula saat korban sedang diperjalanan menuju rumah dengan mengendarai sepeda motor nya.

Tiba-tiba pelaku mendekati korban dengan menggunakan sepeda motor lalu melakukan tindakan pelecehan dan pelaku berhasil melarikan diri.

Kiki Ayu Septiyani, tim penanganan kasus menyampaikan pasca kejadian korban langsung menghubungi Lembaga Advokasi Perempuan Damar dan melaporkan pelecehan yang dialami di Polsek Natar.

Laporan korban diterima dengan Nomor : LP/B-211/IV/2022/SPKT/POLSEK NATAR/POLRES LAMPUNG SELATAN/POLDA LAMPUNG.

Menurut Kiki, saat ini kondisi korban ketakutan dan belum berani keluar rumah.

“Kami sedang menunggu perkembangan dari polsek Natar, jika tidak ada respon baik dari polsek Natar. Kami akan melanjutkan upaya hukum dengan pelaporan ke Polda Lampung,” ujar Kiki pada Jumat (22/4).

Sementara itu, Direktur Lembaga Advokasi Perempuan DAMAR, Ana Yunita Pratiwi menyayangkan di momen Hari Kartini justru dihadiahi kasus pelecehan yang menimpa relawan dan paralegal Perempuan DAMAR.

Hal ini menunjukkan bahwa perjuangan Kartini masih panjang dalam memastikan ruang aman dan bebas kekerasan pada perempuan.

Menurut Ana, serangan seksual juga menjadi pola untuk melemahkan aktifisme atau gerakan perempuan baik online maupun offline.

“Kami mendesak Polsek Natar untuk dapat progresif dalam melakukan penyelidikan dan segera menemukan pelaku,” kata Ana.

Ana mengatakan, responsibilitas kepolisian sangat diperlukan dalam kasus seperti ini. Jika kasus kriminal umum seperti pembegalan, jambret saja bisa ditemukan pelakunya.

“Harapannya kasus pelecehan seksual di ruang publik ini juga bisa ditindaklanjuti. Mengingat pola pelecehan seksual seperti ini akan menimbulkan banyak korban,” ujar Ana.

Saat dikonfirmasi perihal laporan tersebut, Kapolsek Natar Kompol Enrico Sidauruk belum memberikan tanggapan. (Kay)

Tinggalkan Balasan

- Advertisement -

Must Read

Gaya Hidup

Alami Rambut Berminyak, Ketahui Cara Mengatasinya

Rambut berminyak sering kali terlihat kusam, mengilap, dan susah diatur. Hal ini tentu membuat Anda alami tidak nyaman dan terganggu. Namun, Anda tidak perlu...

Peristiwa

Truk Engkel Alami Pecah Ban hingga Terguling di Tol Purwodadi-Malang

Kecelakaan tol kembali terjadi, Sebuah truk pecah ban terlibat kecelakaan di Tol Purwodadi-Malang Km 68+A atau arah Surabaya-Malang. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan...

Hukum

Novel Baswedan Bersedia Tangkap Harun Masiku, Apabila KPK Tidak Mampu Menangkap

Mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Novel Baswedan bersedia memberikan bantuan kepada KPK untuk mencari Harun Masiku. Harun sendiri merupakan politikus PDIP yang...