Agar Nyeri Haid Tidak Semakin Parah, Hindari Mengonsumsi 7 Hal Ini

Haid atau menstruasi merupakan hal yang umum terjadi pada perempuan. Namun, kebanyakan dari mereka mengalami rasa nyeri saat haid dan sering memengaruhi suasana hati hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Rasa nyeri tersebut disebabkan karena kontraksi rahim akibat proses peluruhan darah pada dinding rahim dan produksi hormon prostaglandin. Semakin banyak kadar hormon prostaglanding dalam tubuh, akan semakin parah pula tingkat nyeri yang dirasakan.

Menjelang haid, sebagian perempuan mungkin akan mengalami kenaikan nafsu makan. Tapi, ada beberapa makanan yang ternyata tidak boleh dikonsumsi saat sedang nyeri haid. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini dikutip dari kumparan.

  1. Kafein

Hayo, siapa nih yang setiap hari dalam hidupnya tidak bisa lepas dari kafein? Sebaiknya jangan sering-sering dikonsumsi, ya, karena tidak baik bagi kesehatan.

Nah, buat perempuan yang mengalami nyeri haid, sebaiknya hindari kafein, ya. Sebab, kafein dapat memicu rasa gelisah, cemas, dan insomnia yang dapat memicu mood menjadi lebih jelek. Selain itu, kandungan kafein pula bisa menyebabkan produksi asam lambung yang memicu terjadinya maag. Alhasil, rasa sakit atau tidak nyaman selama haid bisa meningkat.

  1. Lemak

Makanan berlemah sebaiknya kamu hindari karena bisa menyembabkan kembung yang cukup mengganggu, terutama saat haid. Makanan berlemak yang mesti kamu hindari, seperti keju, makanan bersantan, daging berlemak, dan sebagainya.

Makanan berlemak dapat meningkatkan jumlah prostaglanding dalam tubu. Kondisi ini dapat membuat rahim berkontrakso dan memicu rasa tak nyaman dan keram.

  1. Makanan tinggi garam

Makanan yang mengandung garam dalam jumlah tinggi harus kamu hindari nih saat haid. Pasalnya, makanan tersebut bisa memperparah kembung dan retensi air di dalam tubuh.

  1. Makanan tinggi gula
BACA JUGA  Benarkah Tidur Miring ke Kanan Baik untuk Kesehatan Daripada Tidur Miring ke Kiri? Ketahui Faktanya

Biasanya ketika sedang haid, keinginan untuk mengonsumsi makanan manis meningkat. Ini tidak akan menjadi masalah selama tidak dikonsumsi berlebihan. Pasalnya, makanan yang mengandung gula tinggi bisa menyebabkan peningkatan energi secara mendadak yang diikuti penurunan energi secara mendadak pula. Ini pula yang menjadi pemicu mood tidak seimbang ketika haid.

  1. Alkohol

Alkohol menjadi salah satu minuman yang tidak boleh dikonsumsi saat haid. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi, sakit kepala, serta membuat perut kembung dan gangguan pencernaan lainnya sehingga haid berjalan tidak nyaman.

  1. Makanan pedas

Saat haid, mengonsumsi makanan pedas tidak dianjurkan apalagi bagi mereka yang tak terbiasa. Khawatirnya, perut akan menjadi tambah kram saat haid.

  1. Daging merah

Daging merah, seperti daging sapi dan kambing rupanya bisa meningkatkan prostaglandin di tubuh. Jika kamu mengonsumsi makanan yang memicu produksi prostaglanding meningkat, maka kram peru pun akan semakin parah.

Itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat nyeri haid.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Beberapa Hari Diguyur Hujan, Sejumlah Wilayah di Pulau Laut Kotabaru Tergenang Banjir

Akibat intensitas hujan yang tinggi selama beberapa hari terakhir, hal ini membuat sejumlah wilayah di Pulau Laut Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, tergenang banjir setinggi...

Hukum

Usaha Banding Ditolak , Majikan Adelina Tetap Bebas

Mahkamah Persekutuan Malaysia di Putrajaya, Kamis (23/6), menolak upaya banding jaksa atas putusan pembebasan S Ambika yang didakwa membunuh asisten rumah tangga asal Nusa...