9 Manfaat Susu Almond untuk Ibu Menyusui

Susu almond disebut-sebut sehat untuk ibu menyusui dan bisa jadi booster ASI. Susu almond sendiri memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan ibu menyusui. Hal ini tidak lepas dari kandungan susu almond.

Menurut U.S. Department of Agriculture, susu almond mengandung nutrisi dan manfaat penting yang diperlukan busui. Zat gizi yang dimaksud, seperti kalsium, vitamin A, E, dan D.

Lalu, apa saja manfaat susu almond untuk ibu menyusui? Yuk, cari tahu.

Manfaat Susu Almond untuk Ibu Menyusui

Terdapat sejumlah khasiat susu almond untuk ibu menyusui, berikut penjelasannya:

  1. Meningkatkan Produksi ASI

Susu almond diduga bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI busui. Manfaat susu almond sebagai pelancar ASI ini berasal dari kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya.

Asam lemak omega-3 disebut-sebut dapat merangsang hormon menyusui. Sayangnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat membuktikan manfaat susu almond sebagai ASI booster, baik dalam meningkatkan kuantitas maupun kualitas air susu ibu.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Susu almond mengandung kalsium dan fosfor. Kedua mineral ini berperan penting menjaga kesehatan tulang bayi.

Si kecil dapat memperoleh asupan kalsium dan fosfor melalui ASI ibu yang minum susu almond.

Menurut penelitian yang dimuat Proceedings of the Nutrition Society, kalsium dan fosfor dapat mendukung pertumbuhan tulang yang kuat. Pada gilirannya, hal ini bermanfaat mengurangi risiko anak mengalami patah tulang dan osteoporosis di kemudian hari.

  1. Menambah Rasa ASI

Beberapa bayi tidak menyukai rasa ASI. Nah, untuk menambah cita rasa ASI, ibu bisa mengonsumsi susu almond.

Susu nabati ini dapat menambah kekentalan serta cita rasa manis dan krim pada ASI. Dengan begitu, si kecil mungkin bisa jadi lebih bersemangat menyusu.

  1. Mengatasi Peradangan
BACA JUGA  5 Manfaat Daun Bawang bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan antioksidan vitamin E dalam susu almond bermanfaat mengatasi peradangan akibat stres oksidatif.

Stres oksidatif adalah kondisi ketika kadar radikal bebas di dalam tubuh melebihi antioksidan. Peradangan akibat stres oksidatif bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Karena itu, manfaat susu almond diduga dapat mengurangi risiko masalah kesehatan tersebut.

  1. Mendukung Kesehatan Mata

Susu almond mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata ibu menyusui dan bayi. Salah satu manfaatnya adalah mengurangi risiko kerusakan mata akibat stres oksidatif.

Kerusakan mata yang dimaksud, yaitu degenerasi makula. Ini adalah kondisi hilangnya penglihatan di bagian tengah bidang pandang.

Kondisi ini umumnya dialami lansia. Susu almond bermanfaat mengurangi risiko busui mengalami degenerasi makula di kemudian hari.

  1. Aman untuk Busui Pengidap Penyakit Jantung

Berdasarkan U.S. Department of Agriculture, susu almond mengandung lemak dan kalori yang rendah. Di dalam 100 gram susu almond, terkandung 1,2 gram lemak dan 15 kalori.

Karena itu, susu almond tanpa campuran gula atau pemanis baik dikonsumsi ibu menyusui pengidap penyakit jantung.

  1. Bebas Laktosa

Intoleransi laktosa adalah kondisi ketika tubuh sulit mencerna laktosa, yaitu gula yang terkandung dalam susu biasa. Kondisi ini disebabkan oleh kekurangan laktase, yaitu enzim yang berfungsi memecah laktosa.

Bagi ibu menyusui dengan alergi susu sapi atau intoleransi laktosa, susu almond bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi.

  1. Mempercepat Pemulihan Setelah Persalinan

Berbagai vitamin dan mineral di dalam susu almond dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imun) ibu menyusui. Hal ini dapat mengurangi risiko busui terjangkit penyakit dan infeksi.

Selain itu, mengonsumsi susu almond secara rutin juga dapat membantu proses pemulihan usai persalinan.

  1. Kesehatan Kulit
BACA JUGA  6 Manfaat Daun Sirih Merah bagi Kesehatan Wanita

Setelah melahirkan, ibu biasanya kesulitan meluangkan waktu untuk menjaga kesehatan kulitnya. Nah, susu almond bisa membantu menjaga kesehatan kulit busui.

Menurut riset yang dirilis jurnal Critical Reviews in Eukaryotic Gene Expression, kandungan vitamin E di dalam susu almond diduga dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit busui.

Aturan Konsumsi Susu Almond

Disampaikan dr. Atika tidak ada aturan khusus minum susu almond untuk ibu menyusui. Karenanya, busui boleh mengonsumsi susu nabati ini secara rutin.

“Boleh-boleh saja dikonsumsi secara rutin oleh ibu menyusui. Asalkan, kandungan nutrisinya memang dibutuhkan oleh ibu menyusui,” ujarnya.

Meski begitu, ibu menyusui sebaiknya tetap mengonsumsi susu almond dalam jumlah sedang dan tidak berlebihan.

Hal ini agar tidak menimbulkan efek samping susu almond untuk busui dan bayi. Efek samping yang dimaksud adalah masalah pencernaan, seperti mual, tidak nyaman pada perut, disentri, dan masalah usus.

Pasalnya, jika dikonsumsi berlebihan, kandungan mineral di dalam kacang almond bisa menimbulkan masalah pencernaan. Gangguan ini utamanya dialami busui yang memiliki pencernaan sensitif.

Minum susu almond untuk ibu menyusui diperbolehkan, asalkan tetap memperhatikan kandungan nutrisi yang benar-benar diperlukan oleh ibu menyusui. Selain itu, susu almond sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah cukup.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Seorang Bule Pingsan di Kolam Renang dan Berujung Meninggal di Karangasem

Pria bule asal Belanda bernama Eddy Van Den Brand (63) meninggal dunia di sebuah villa tempat ia menginap di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten...

Hukum

Bejat! Remaja di Padang Cabuli Adik Sepupu Umur 10 Tahun

Seorang remaja yang berinisial YPY (18) tahun ditangkap Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang karena diduga melakukan pencabulan terhadap anak bawah umur. Korban tidak lain...

Iklan3