7 Tips Merawat Bayi Baru Lahir yang Wajib Diketahui Ibu

Tidak sedikit orang tua yang masih bingung dalam merawat bayi baru lahir. Padahal, perawatan bayi baru lahir yang tepat diperlukan agar bayi selalu merasa nyaman, tumbuh kembangnya berjalan lancar, dan tentunya terjaga kesehatannya.

Oleh karena itu, orang tua perlu memahami cara merawat bayi baru lahir yang benar. Bayi baru lahir akan mengalami banyak perubahan di awal kehidupannya, terutama dalam hal pertumbuhan dan perkembangan. Pada masa ini, tubuh bayi juga masih rentan, sehingga ia lebih mudah mengalami gangguan kesehatan.

Berbagai Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Merawat bayi baru lahir kerap memicu kebingungan atau perasaan serba salah, terutama bagi orang tua baru.

Nah, agar Bunda dapat merawat Si Kecil dengan tepat, berikut adalah sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk merawat bayi baru lahir:

  1. Ganti popok secara berkala

Bayi baru lahir biasanya mengenakan popok sepanjang waktu. Hal ini karena ia belum bisa mengontrol buang air kecil dan buang air besarnya. Oleh karena itu, Bunda perlu rutin mengganti popok bayi, setidaknya setiap 2–3 jam sekali, untuk mencegah Si Kecil terkena ruam popok atau infeksi jamur.

Pastikan juga Bunda memilih ukuran popok yang sesuai usia atau berat badan Si Kecil. Jangan terlalu longgar atau terlalu sempit. Bunda bisa mengetahui ukuran popok Si Kecil sudah terlalu kecil ketika sulit saat memasang popok atau melihat adanya iritasi kulit di sekitar pinggul dan selangkangannya.

  1. Jaga kehangatan suhu tubuh bayi

Penting bagi Bunda untuk menjaga tubuh Si Kecil tetap hangat. Pasalnya, bayi baru lahir belum bisa mengatur suhu tubuhnya, terutama bayi yang lahir prematur. Bahkan, karena tidak memiliki lemak yang cukup di dalam tubuhnya, bayi baru lahir 4 kali lebih cepat merasa kedinginan dibandingkan orang dewasa.

BACA JUGA  Bayi dengan Mulut Tersumpal Tisu Ditemukan di Toilet Masjid Lumajang

Untuk menjaga suhu tubunya tetap hangat, Bunda bisa memandikan Si Kecil dengan air hangat, melakukan kontak fisik dengan memeluk atau menggendong Si Kecil, dan menyelimuti tubuhnya.

  1. Lakukan pijat setelah mandi

Memijat bayi setelah mandi bisa memberikan banyak manfaat, seperti mencegah perut kembung, mengurangi rewel dan sering menangis, serta memudahkan bayi untuk terlelap. Saat memijat, Bunda dapat menggunakan minyak khusus bayi atau minyak yang berasal dari bahan alami, seperti minyak telon.

  1. Gunakan pelembap secara rutin

Bayi baru lahir memiliki kulit yang tipis, sehingga ia rentan mengalami kulit kering. Untuk mengatasinya, Bunda bisa mengoleskan pelembap, losion, atau minyak telon guna melembapkan dan memperkuat lapisan kulitnya.

  1. Lindungi bayi dari gigitan nyamuk

Gigitan nyamuk dapat terjadi kapan saja. Oleh karena itu, Bunda perlu melindungi kulit Si Kecil dari gigitan nyamuk. Misalnya, dengan menggunakan losion antinyamuk atau minyak telon dengan kandungan sereh yang memiliki efek antinyamuk.

Pastikan pula Si Kecil menggunakan pakaian tertutup dan cukup longgar untuk mencegah gigitan nyamuk, ya. Pakaian yang terlalu ketat justru memungkinkan nyamuk lebih mudah menggigit kulit melalui pakaian.

  1. Pilih pakaian yang tepat

Pemilihan pakaian yang tepat bisa membantu bayi merasa nyaman dan tidak mudah rewel ketika ia terjaga.

Bunda bisa melakukannya dengan menyesuaikan pakaian Si Kecil. Misalnya, pakaian berbahan katun ketika cuaca sedang panas, atau pakaian berlapis, seperti kaos dalam dan piyama, ketika sedang musim hujan.

  1. Gunakan produk khusus bayi

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, kulit bayi baru lahir umumnya lebih tipis. Hal ini membuat kulit bayi lebih mudah mengalami iritasi atau ruam jika terpapar kandungan perawatan kulit tertentu, misalnya pewangi, pewarna, dan bahan kimia.

BACA JUGA  Daging Sapi dan Kambing, Mana yang Lebih Sehat?

Jadi, ketika merawat Si Kecil, Bunda perlu menggunakan produk yang memang dibuat khusus untuk bayi. Pilihlah produk berlabel bebas pewangi, bebas pewarna, bebas paraben, bebas phthalate, dan hypoallergenic.

Minyak telon juga bisa menjadi pilihan orang tua untuk merawat bayi baru lahir, karena mengandung berbagai campuran minyak esensial yang bermanfaat bagi bayi. Beberapa minyak esensial yang kerap ditemukan dalam minyak telon adalah senyawa alami rodhinol, minyak kayu putih, minyak zaitun, minyak kelapa, minyak chamomillae, dan minyak anis.

Itulah tips merawat bayi baru lahir yang wajib diketahui oleh ibu. Melalui penjelasan tersebut, diharapkan Bunda bisa lebih memahami dan mempraktikkan cara merawat Si Kecil yang baru lahir dengan tepat.

Jika masih bingung atau ragu, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui lebih jauh cara merawat bayi baru lahir yang tepat agar tumbuh kembang Si Kecil bisa optimal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Wanita di Jakarta Pusat Tabrakan Diri ke Kereta Api

N (28) tahun, Seorang wanita  mencoba menabrakkan diri ke kereta api yang melintas di pelintasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Korban mencoba mengakhiri hidupnya...

Hukum

Miris! 4 Siswi SD di Pesisir Barat Dicabuli Penjaga Sekolah

Seorang penjaga sekolah dilaporkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Pesisir Barat (Pesibar) karena kasus pencabulan yang dilakukannya. Pelaku berinisial...

Iklan3