7 Tahun Menunggu, 11 Pengungsi Afganistan dan Iran Berangkat ke Australia

- Advertisement -
Sejumlah 11 pengungsi atau pencari suaka asal Afganistan dan Iran selama tujuh tahun menunggu di Indonesia khususnya di Makassar, akhirnya diberangkatkan ke Australia setelah mendapatkan izin pemukiman kembali atau resettlement.

Alimuddin menyebutkan sebelas pengungsi yang diberangkatkan terdiri dari sembilan pengungsi asal Afganistan dan dua pengungsi asal Iran. Hal tersebut disampaikan Kepala Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar, Alimuddin, melalui keterangan tertulisnya, Kamis (21/4/2022).

“Ada 11 pengungsi dengan rincian pengungsi Afganistan terdiri dari dua keluarga dengan tiga anak dan dua bujang, sementara dua sisanya adalah pasangan suami isteri asal Iran,” ujarnya, dilansir dari laman InfoPublik.

Alimuddin menegaskan, sejak Januari hingga April 2022 pemukiman kembali sudah dilakukan terhadap 14 pencari suaka, masing-masing sepuluh pencari suaka asal Afganistan dan empat lainnya asal Iran.

“Kami berharap, penerima suaka membuka lebar negaranya untuk menerima pencari suaka, mengingat pencari suaka yang saat ini berada di Indonesia saja berdasarkan data Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa urusan pencari suaka atau UNHCR sejumlah lebih dari 13.000 jiwa,” ucapnya.

Dia mengatakan, sepanjang 2021 ini hanya enam orang pencari suaka yang beruntung mendapatkan proses pemukiman kembali di negara ketiga.

Menurutnya, pemberangkatan pencari suaka dalam rangka pemukiman kembali pada 2021 memang berkurang, hal ini dikarenakan kebijakan pengurangan penerimaan dari negara-negara suaka, ditambah lagi dengan adanya larangan bepergian karena pandemi COVID-19.

Sementara itu, salah satu pencari suaka asal Afganistan ARS (40) tidak dapat menyembunyikan rasa bahagia memperoleh kesempatan pemukiman bersama istri dan anaknya.

“Saya sangat bersyukur dengan kesempatan ini. Karena saya sudah tujuh tahun di Indonesia, sebelumnya saya sempat khawatir dengan masa depan anak saya, harapan saya dengan negara baru juga dapat membuka lembaran baru untuk keluarga” ujar ARS.

Tinggalkan Balasan

- Advertisement -

Must Read

Gaya Hidup

Alami Rambut Berminyak, Ketahui Cara Mengatasinya

Rambut berminyak sering kali terlihat kusam, mengilap, dan susah diatur. Hal ini tentu membuat Anda alami tidak nyaman dan terganggu. Namun, Anda tidak perlu...

Peristiwa

Toko Kue di Bukittinggi Terbakar, Kerugian Capai Rp 1,2 Miliar

Musibah kebakaran kembali melanda, Kebakaran menghanguskan toko kue Elna Cake and Bakery di Kota Bukittinggi pada Senin (23/5) dini hari. Kerugian mencapai miliaran rupiah. Peristiwa...

Hukum

Diduga Korban Pembunuhan, 2 Mayat Ditemukan Tertelungkup di Parit Sidoarjo

Penemuan sesosok mayat gegerkan warga, Dua mayat pria ditemukan di parit sawah Desa Balongdowo, Kecamatan Candi, Sidoarjo pada Minggu (22/5). Dua mayat itu ditemukan...