7 Makanan Sehat untuk Cegah Penyakit Katarak

Katarak adalah salah satu penyakit mata yang sering dikaitkan dengan pertambahan usia. Tapi, kamu bisa cegah melalui pola makan sehat.

Tahukah kamu jika makanan yang kamu konsumsi mampu mencegah katarak? Katarak sendiri adalah penyakit degenerasi mata karena adanya lapisan keruh yang menutupi lensa mata. Bagi pengidap katarak, melihat melalui lensa yang keruh sama seperti melihat melalui jendela yang beku atau berkabut.

Kondisi ini juga menyebabkan penglihatan kabur sehingga pengidapnya bisa kesulitan membaca, mengendarai mobil (terutama di malam hari), atau melihat ekspresi wajah seseorang. Nah, ternyata kondisi ini mampu dicegah dengan pola makan sehat lho!

Makanan Sehat untuk Cegah Katarak

Apabila kamu tidak ingin mengalami katarak di kemudian hari, simak penjelasan berikut:

  1. Ikan

Beberapa jenis ikan mengandung asam lemak omega-3 yang menawarkan segudang manfaat kesehatan. Jenis ikan ini disebut sebagai ikan berminyak. Ikan berminyak adalah ikan yang memiliki kandungan minyak di usus dan jaringan tubuhnya.

Contoh ikan berminyak sehat yang sebaiknya kamu konsumsi yaitu tuna, salmon, kembung, sarden dan lain-lain. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa minyak ikan dapat mencegah mata kering dan perkembangan penyakit mata lainnya.

  1. Kacang-kacangan

Selain ikan, asam lemak omega-3 juga bisa kamu dapatkan melalui kacang-kacangan lho. Kacang juga mengandung vitamin E tingkat tinggi yang dapat melindungi mata dari penyakit degeneratif seperti katarak. Jenis kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan mata antara lain kenari, mete, kacang tanah, kacang brasil dan lain sebagainya.

  1. Biji

Seperti kacang-kacangan, biji-bijian juga kaya akan omega-3 dan merupakan sumber  vitamin E terbaik.  Biji-bijian yang tinggi kandungan omega-3 meliputi biji chia dan biji rami.

  1. Buah jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C dan vitamin E. Keduanya adalah antioksidan yang yang mampu melawan kerusakan mata terkait usia. Konsumsi berbagai jenis jeruk seperti jeruk, jeruk nipis, jeruk lemon dan lainnya tentu bisa melawan potensi katarak.

  1. Sayuran berdaun hijau
BACA JUGA  Ini 4 Manfaat Konsumsi Ikan Laut untuk Si Kecil

Lutein dan zeaxanthin adalah zat penting yang banyak terkandung dalam sayuran berdaun hijau. Sayuran yang berdaun hijau juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk mata.

  1. Wortel

Kamu pasti pernah mendengar jika wortel adalah salah satu makanan terbaik untuk mata. Tentu ini bukan mitos belaka, sebab wortel kaya akan vitamin A dan beta karoten yang mampu melawan radikal bebas. Vitamin A Sumber memainkan peran penting dalam penglihatan karena mengandung protein yang disebut rhodopsin yang membantu retina menyerap cahaya.

  1. Telur

Tidak hanya pada sayuran, nyatanya lutein dan zeaxanthin juga terkandung dalam telur. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kedua zat tersebut dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan terkait usia. Telur juga merupakan sumber vitamin C dan E, dan seng yang baik.

Selain mengonsumsi makanan sehat di atas, vitamin dan suplemen tambahan mungkin diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh kamu.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Holywings Indonesia: “Promosi” Berbau SARA untuk Minum Alkohol, Setelah itu Minta Maaf

Holywings Indonesia menyampaikan permohonan maaf secara terbuka terkait dengan konten promosi minuman beralkohol yang dianggap mengandung SARA untuk para konsumennya. Promosi tersebut diunggah di...

Hukum

Ayah 70 Tahun di Makassar Bunuh Anak Kandung, Ternyata ini Motifnya

Seorang ayah yang telah lanjut usia memukul anak kandung menggunakan balok kayu hingga tewas. Kejadian ini memuat gempar warga Jalan Sinassara, Kelurahan Kaluku Bodoa,...