6 Manfaat Masker Pisang dan Cara Aman Menggunakannya

Manfaat masker pisang untuk kulit sangatlah beragam, mulai dari mengatasi kulit kering hingga mencegah munculnya kerutan di wajah. Namun, penggunaan masker pisang terkadang bisa membuat kulit menjadi iritasi sehingga Anda perlu memperhatikan cara penggunaannya yang tepat.

Manfaat masker pisang untuk kulit dapat diperoleh berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Salah satu kandungan nutrisi pisang yang baik untuk kesehatan kulit adalah silika.

Silika merupakan mineral alami yang dibutuhkan kulit untuk merangsang produksi kolagen. Selain silika, ada pula kalium, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C yang juga bermanfaat untuk menjaga kulit tetap sehat dan terawat.

Manfaat Masker Pisang

Berikut ini adalah beberapa manfaat masker pisang yang sayang untuk dilewatkan:

  1. Mencegah munculnya kerutan di wajah

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, kandungan silika yang terdapat di dalam pisang bermanfaat untuk merangsang produksi kolagen. Kolagen merupakan protein penting yang dibutuhkan kulit karena mampu menjaga kekencangan kulit dan mencegah munculnya kerutan di wajah.

  1. Mengatasi kulit kering

Meski perlu diteliti lebih lanjut, penggunaan masker pisang diyakini bisa mengatasi masalah kulit kering. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan vitamin B6 dan kalium di dalamnya.

  1. Mengurangi atau mengatasi masalah kulit berjerawat

Manfaat masker pisang selanjutnya adalah mengurangi atau mengatasi masalah kulit berjerawat. Ini karena kandungan vitamin A dalam pisang mampu mengurangi peradangan pada kulit.

Selain vitamin A, ada pula kandungan fenolik yang bersifat antimikroba sehingga bisa membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

  1. Memudarkan bekas jerawat

Bekas jerawat di wajah yang tak kunjung hilang bisa diatasi berbagai cara dan salah satunya adalah penggunaan masker pisang. Manfaat pisang ini bisa diperoleh berkat kandungan vitamin A dan vitamin C di dalamnya.

  1. Mencerahkan kulit
BACA JUGA  Cara Mengatasi Kulit Kusam

Tak hanya memudarkan bekas jerawat, kandungan vitamin C di dalam pisang juga dipercaya mampu mencerahkan kulit. Manfaat ini dapat diperoleh karena kandungan tersebut mampu menghambat produksi melanin, yaitu pigmen yang bertanggung jawab terhadap warna kulit.

  1. Membuat kulit terlihat lebih sehat

Penggunaan masker pisang juga diklaim bisa membuat kulit terlihat lebih sehat dan glowing. Ini karena dalam pisang terkandung antioksidan tinggi yang berperan penting dalam melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

Untuk mendapatkan beragam khasiat masker pisang bagi kulit, Anda bisa memperolehnya melalui penggunaan masker ini secara rutin, setidaknya 2–3 kali seminggu.

Cara membuat masker alami dari pisang pun cukup mudah, Anda hanya perlu menumbuk pisang hingga halus dan mengoleskannya ke kulit wajah. Diamkan selama 10–15 menit, kemudian bilas wajah sampai bersih.

Meski manfaat masker pisang untuk kulit ada banyak, Anda tetap harus hati-hati saat menggunakannya. Pasalnya, beberapa orang bisa saja mengalami reaksi alergi terhadap kandungan tertentu dalam buah pisang. Tanda dari reaksi alergi meliputi kulit gatal, kemerahan, bentol-bentol, bahkan sesak napas.

Oleh karena itu, sebelum mengoleskan masker pisang ke wajah, coba lakukan tes alergi kulit terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengoleskan sedikit masker pisang ke area siku bagian dalam. Jika setelah dioleskan muncul tanda-tanda alergi, segera hentikan penggunaan masker pisang.

Manfaat masker pisang untuk kulit masih perlu diteliti lebih lanjut, terkait keamanan dan efektivitasnya. Jadi, lebih baik konsultasikan ke dokter jika Anda memiliki permasalahan kulit tertentu agar Anda mendapatkan perawatan kulit yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Dua Wakil Indonesia Juara MTQ Internasional di Amerika

Dua wakil Indonesia berhasil menyabet juara pada ajang MTQ The American International Tibyan Competition for the Quran and Its Recitations di Amerika pada Minggu,...

Hukum

62 Ekor Kambing Ilegal Dijual di Batam, Pemerintah Bertindak

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam, Mardanis mengatakan kambing ilegal tersebut telah diamankan oleh pihak Polda Kepulauan Riau. Sebanyak 62 ekor kambing ilegal...