6 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Kuat Saat Mudik

- Advertisement -
Mudik telah lama menjadi tradisi sebagian besar masyarakat Indonesia menjelang hari besar keagamaan. Agar senantiasa terlindungi saat mudik, terlebih di tengah pandemi COVID-19 sekarang ini, Anda perlu tahu dan menerapkan berbagai cara menjaga daya tahan tubuh tetap kuat.

Melakukan perjalanan jauh, seperti mudik, bisa menjadi tantangan untuk daya tahan tubuh tersendiri di tengah pandemi COVID-19. Selain tingginya risiko berada di tengah keramaian, perjalanan mudik memang membutuhkan lebih banyak energi daripada sekadar melakukan aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, Anda dan keluarga perlu menjaga daya tahan tubuh secara optimal guna menghindari berbagai masalah kesehatan, seperti diare atau infeksi virus Corona, yang bisa saja terjadi selama perjalanan mudik.

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Kuat Saat Mudik

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh tetap kuat saat mudik, di antaranya:

  1. Mengonsumsi makanan bernutrisi

Sebelum mudik, Anda dan keluarga perlu mengonsumsi makanan sehat bernutrisi secara teratur. Tak hanya membuat tubuh lebih bertenaga selama perjalanan mudik, mengonsumsi makanan bergizi juga penting dilakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan infeksi.

Beberapa jenis nutrisi yang perlu Anda cukupi asupannya adalah protein, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. Nutrisi ini bisa Anda peroleh dari berbagai jenis makanan bergizi, mulai dari buah, sayur, daging, ikan, telur, hingga kacang-kacangan.

Selain itu, selama perjalanan mudik, Anda juga sebaiknya menghindari konsumsi sembarang makanan atau minuman. Agar lebih terjamin keamanan serta kandungan nutrisinya, Anda bisa membawa bekal sendiri dari rumah untuk makan sahur atau berbuka puasa.

  1. Minum lebih banyak air putih

Saat mudik, Anda mungkin berusaha menghindari banyak minum karena takut akan sering buang air kecil selama perjalanan. Padahal, jika kebutuhan cairan tidak terpenuhi, Anda bisa mudah merasa lelah, mengantuk, dan kehilangan konsentrasi.

BACA JUGA  Pemerintah Amankan Stok, 4 Juta Dosis Vaksin Covovax Masuk Indonesia

Kondisi ini tentu saja bisa membahayakan keselamatan Anda dan keluarga, terlebih bila Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan perjalanan mudik.

Oleh karena itu, Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Selain air putih, minuman sehat lain, seperti jus buah, juga bisa membantu mencukupi asupan cairan sekaligus nutrisi penting bagi tubuh saat mudik.

  1. Berolahraga secara rutin

Agar tubuh tetap fit hingga hari perjalanan mudik tiba, Anda dan keluarga juga disarankan berolahraga secara rutin setiap harinya. Selain menjaga tubuh tetap fit, berolahraga juga bisa memperkuat sistem imun tubuh untuk melawan infeksi.

Cobalah luangkan waktu sekitar 30 menit setiap hari atau 150 menit setiap minggu untuk berolahraga. Jenis olahraga yang bisa dilakukan antara lain jalan santai, jogging, yoga, atau bersepeda.

  1. Mencukupi waktu tidur dan istirahat

Cara menjaga daya tahan tubuh tetap kuat saat mudik yang juga perlu Anda lakukan adalah tidur atau beristirahat yang cukup, terutama sebelum melakukan perjalanan.

Dengan mencukupi waktu tidur, Anda dan keluarga tidak akan mudah terserang penyakit selama perjalanan mudik. Selain itu, risiko terjadinya kecelakaan akibat berkendara dalam kondisi mengantuk dan lelah karena kurang tidur pun dapat dihindari.

  1. Mengelola stres

Salah satu ciri khas perjalanan mudik, misalnya mudik lebaran, adalah lalu lintas yang padat dan kemacetan panjang. Kondisi ini tak jarang membuat Anda stres dan mudah marah, yang merupakan salah satu pemicu turunnya daya tahan tubuh.

Agar daya tahan tubuh tetap kuat saat mudik, Anda perlu mengelola stres dengan baik. Cobalah redakan stres selama perjalanan dengan mendengarkan musik atau melakukan teknik relaksasi untuk menenangkan perasaan Anda.

  1. Menerapkan protokol kesehatan
BACA JUGA  Transplantasi Jantung Babi ke Manusia Pertama dalam Sejarah

Anda juga perlu menjalankan protokol kesehatan saat mudik di tengah pandemi COVID-19. Hal ini penting dilakukan agar Anda dan keluarga selalu terlindungi dari ancaman infeksi virus Corona maupun bakteri dan virus lainnya.

Selalu kenakan masker, jaga jarak aman, hindari keramaian, dan rajin cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau menggunakan hand sanitizer selama perjalanan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk melengkapi dosis vaksin COVID-19, bahkan booster, sebelum melakukan mudik, ya. Dengan begitu, risiko tertular dan munculnya gejala yang parah akibat COVID-19 dapat ditekan.

Pentingnya Pemenuhan Nutrisi dari Makanan Saat Mudik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, konsumsi makanan bergizi, misalnya buah, bisa menjadi salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus menjaga daya tahan tubuh saat mudik.

Untuk mendapatkan manfaat buah tersebut, Anda perlu mengonsumsi sekitar 150 gram atau 2–3 porsi buah setiap harinya. Namun, mencukupi asupan buah segar mungkin akan lebih sulit dilakukan saat mudik, terlebih bila perjalanan mudik cukup panjang.

Oleh karena itu, sebagai alternatif, Anda bisa membawa jus buah kemasan yang setara dengan ukuran 1 gelas untuk memenuhi porsi asupan buah harian dengan praktis selama perjalanan mudik.

Beberapa jenis buah yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat mudik adalah buah yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, jambu biji, dan mangga.

Dengan mengonsumsi buah yang mengandung banyak vitamin C, Anda dan keluarga bisa tetap sehat selama perjalanan mudik serta tidak mudah terpapar kuman penyebab infeksi, termasuk virus Corona.

Tinggalkan Balasan

- Advertisement -

Must Read

Gaya Hidup

Alami Rambut Berminyak, Ketahui Cara Mengatasinya

Rambut berminyak sering kali terlihat kusam, mengilap, dan susah diatur. Hal ini tentu membuat Anda alami tidak nyaman dan terganggu. Namun, Anda tidak perlu...

Peristiwa

Toko Kue di Bukittinggi Terbakar, Kerugian Capai Rp 1,2 Miliar

Musibah kebakaran kembali melanda, Kebakaran menghanguskan toko kue Elna Cake and Bakery di Kota Bukittinggi pada Senin (23/5) dini hari. Kerugian mencapai miliaran rupiah. Peristiwa...

Hukum

Pemilik Depot Air Minum di Sumut Ditangkap setelah Sembunyikan Sabu 1,4 Gram di Dalam Genset

Seorang pemilik usaha Depot air minum di Mandailing Natal, Sumatera Utara (Sumut) ditangkap polisi. Diketahui, tempat tersebut sering dijadikan tempat transaksi narkoba jenis sabu. Awalnya,...