5 Tanda Jamur Kulit yang Butuh Penanganan

Penting untuk mengetahui tanda jamur kulit yang perlu penanganan dokter. Terutama jika kondisi tidak membaik dengan obat tanpa resep.

Secara alami, jamur kulit dapat hidup di kulit manusia. Organisme mikroskopis ini biasanya tidak menimbulkan masalah, kecuali jika berkembang biak lebih cepat dari biasanya atau menembus kulit melalui luka atau lesi. Lantas, bagaimana tanda jamur kulit dan kapan harus waspada?

Tanda dan gejala yang muncul dapat berbeda-beda, tergantung jenis infeksi jamur yang dialami. Namun, umumnya kondisi ini menyebabkan gejala gatal dan perubahan pada kulit. Lebih jelasnya, yuk simak lebih lanjut!

Tanda Jamur Kulit Berdasarkan Jenisnya

Banyak jenis infeksi jamur yang dapat memengaruhi kulit. Selain kulit, area umum lainnya untuk infeksi jamur adalah selaput lendir. Beberapa contohnya adalah infeksi jamur vagina dan sariawan.

Berikut ini beberapa jenis infeksi jamur kulit dan gejala atau tandanya:

  1. Tinea Corporis

Kondisi ini biasanya terjadi pada kulit tubuh. Gejala utamanya adalah ruam berbentuk cincin dengan tepi sedikit terangkat. Kulit di dalam ruam melingkar ini biasanya terlihat sehat. Ruam dapat menyebar dan seringkali terasa gatal.

  1. Tinea Pedis

Ini adalah infeksi jamur yang memengaruhi kulit di kaki, sering kali di antara jari-jari kaki. Tanda dan gejala khas infeksi jamur kulit ini meliputi:

  • Sensasi terbakar.
  • Kulit yang tampak merah, bersisik, atau kering.
  • Kulit pecah-pecah atau melepuh.
  1. Tinea Cruris

Ini adalah infeksi jamur pada kulit yang terjadi di area selangkangan dan paha. Gejala utamanya adalah ruam merah gatal yang biasanya dimulai di daerah selangkangan atau di sekitar paha bagian dalam atas.

Ruam dapat memburuk setelah berolahraga atau aktivitas fisik lainnya dan dapat menyebar ke bokong dan perut.

  1. Kandidiasis Kulit
BACA JUGA  Sistem Saraf Motorik dan Berbagai Gangguan yang Dapat Terjadi

Ini adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur Candida. Kandidiasis kulit sering terjadi di daerah yang hangat, lembap, dan berventilasi buruk. Beberapa contoh area khas yang dapat terpengaruh termasuk di bawah payudara dan di lipatan bokong, seperti ruam popok.

Tanda infeksi jamur kulit ini dapat meliputi:

  • Ruam merah
  • Gatal
  • Pustula merah kecil
  1. Onikomikosis (Jamur Kuku)

Onikomikosis adalah infeksi jamur pada kuku. Ia dapat mempengaruhi kuku tangan atau kuku kaki, tapi infeksi pada kuku kaki lebih sering terjadi. Tanda-tandanya berupa:

  • Kuku berubah warna, biasanya kuning, coklat, atau putih.
  • Kuku rapuh atau mudah patah
  • Kuku menebal

Kapan Harus Mendapatkan Penanganan Dokter?

Banyak jenis infeksi jamur kulit membaik dengan sendirinya. Namun, kamu perlu mendapatkan penanganan dokter jika mengalami tanda jamur kulit seperti berikut ini:

  • Infeksi jamur tidak membaik, semakin memburuk, atau kembali setelah pengobatan dengan obat tanpa resep.
  • Mendapati kerontokan rambut disertai dengan gatal atau kulit bersisik.
  • Memiliki sistem kekebalan yang lemah dan mencurigai adanya infeksi jamur.
  • Mengidap diabetes dan mengalami tinea pedis atau onikomikosis.

Pengobatan untuk Jamur Kulit

Obat antijamur merupakan pengobatan utama untuk infeksi jamur. Obat ini dapat membunuh jamur secara langsung atau mencegahnya tumbuh dan berkembang.

Beberapa obat antijamur bisa dibeli tanpa resep, tapi ada juga yang harus dengan resep dokter. Obat ini juga tersedia dalam bentuk krim atau salep, pil, serbuk, semprotan, dan sampo.

Jika kamu mengalami tanda jamur kulit seperti yang dijelaskan tadi, cobalah gunakan obat antijamur tanpa resep dan amati apakah ada perubahan. Dalam kasus yang lebih persisten atau parah, dokter mungkin meresepkan obat antijamur yang lebih kuat untuk membantu mengobati infeksi.

BACA JUGA  Kesehatan Jantung dan Tulang Kuat ala Dr. Galuh

Selain mengonsumsi obat antijamur dengan atau tanpa resep, ada beberapa hal yang dapat dilakukan di rumah untuk membantu menyingkirkan infeksi jamur, yaitu:

  • Menjaga area yang terkena tetap bersih dan kering
  • Mengenakan pakaian longgar atau sepatu yang memungkinkan kulit bernapas

Itulah pembahasan mengenai tanda jamur kulit yang butuh penanganan. Jika kamu mengalaminya, segera kunjungi dokter atau rumah sakit terdekat.

Iklan 7

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

3 Cara Cerdas Membuat Lilin Tahan Lama

Lilin merupakan sumber penerangan yang terdiri dari sumbu yang diselimuti oleh bahan bakar padat. Sebelum abad ke-19, bahan bakar yang digunakan biasanya adalah lemak...

Peristiwa

Angin Puting Beliung sebabkan Pohon Tumbang hingga Kuburan Terbongkar di Pematangsiantar

Bencana angin puting beliung menerjang Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara (Sumut). Sejumlah pohon tumbang yang menyebabkan kuburan warga terbongkar. Dampak angin puting beliung tersebut, kompleks permakanan,...

Hukum

Pesta Sabu, 4 Pria di Pesawaran Ditangkap Polisi

Jajaran unit satnarkoba Polsek Gadingrejo menggerebek sebuah lokasi yang diduga mengadakan pesta narkoba di dua lokasi berbeda di pekon Gadingrejo Utara. Sebanyak empat pria...

Iklan 6