5 Persiapan Untuk Menyambut Persalinan

Persalinan menjadi momen yang membahagiakan sekaligus menegangkan. Calon orang tua perlu persiapan matang, termasuk bagaimana proses melahirkan, rumah sakit, dan barang yang akan dibawa.

Memasuki trimester ketiga kehamilan, ada banyak persiapan yang perlu dilakukan oleh calon orang tua. Secara khusus, momen ini bisa jadi membingungkan bagi ibu karena baru pertama kali menjalaninya.

Melahirkan bukan hanya urusan kesiapan fisik dan mental saja. Tapi ada beberapa kebutuhan penunjang yang kudu dilakukan dengan matang.

Jadi sebaiknya, catat baik-baik persiapan menyambut persalinan apa saja yang harus dilakukan. Susun dengan baik sebelum saat melahirkan tiba.

  1. Mempelajari Tentang Proses Persalinan

Ini bisa dilakukan dengan mengikuti kelas persalinan. Tujuannya adalah mempelajari tahapan, tips mengatasi rasa nyeri saat kontraksi, teknik pernapasan dan peralatan yang digunakan saat melahirkan.

Calon orang tua juga bisa menonton video terkait persalinan normal dan caesar untuk menambah ilmu. Ini juga bisa dijadikan referensi terkait dengan bagaimana rencana kelahiran.

  1. Pilih Rumah Sakit dan Segera Daftarkan Diri

Langkah ini dilakukan untuk memastikan calon orang tua mendapat pertolongan terbaik saat melahirkan. Jangan mendaftarkan persalinan terlalu dekat dengan hari perkiraan lahir, karena urusan administrasi memakan banyak waktu.

Bukan hanya membuat persalinan jadi lebih nyaman, calon orang tua juga akan ditangani lebih cepat saat hari persalinan tiba. Ini bisa meminimalisir risiko gangguan kesehatan pada ibu dan bayi.

Disarankan untuk memilih rumah sakit yang tidak jauh dari rumah, tapi memiliki fasilitas dan pelayanan yang lengkap. Ini bertujuan agar ibu tidak perlu membuang banyak waktu di perjalanan saat mengalami kontraksi.

  1. Putuskan Siapa yang Akan Mendampingi

Keluarga harus memutuskan siapa yang dipilih untuk mendampingi selama proses melahirkan berlangsung. Sebab, calon ibu akan membutuhkan dukungan dari orang-orang terdekat yang dipercaya.

BACA JUGA  Staf Positif Covid-19, Puskesmas di Lampung Selatan Ditutup

Tentukan berapa jumlah orang yang diinginkan. Tapi, jangan sampai ruangan terlalu ramai karena akan mengganggu kenyamanan. Pendamping sebaiknya sudah dibekali ilmu terkait apa yang harus dilakukan selama di kamar bersalin.

  1. Menemui Terapis

Rasa takut dan cemas wajar dialami menjelang proses persalinan. Namun, jika ini sudah terlalu parah, disarankan untuk meminta bantuan profesional.

Salah satu teknik yang digunakan untuk mengatasi mengurangi rasa takut, cemas atau tegang adalah hypnobirthing. Ini dilakukan berdasarkan pada kekuatan sugesti.

Prosesnya dilakukan menggunakan video, musik dan kata-kata positif untuk menghilangkan pikiran jelek tentang persalinan. Prosesnya dilakukan dengan mengatur napas agar tubuh dan otak menjadi lebih santai.

  1. Persiapkan Tas yang Akan Dibawa

Setelah melahirkan, ibu dan bayi akan beristirahat selama beberapa saat di rumah sakit untuk memulihkan kondisi. Artinya, penting untuk menyiapkan keperluan apa saja yang dibutuhkan selama di rumah sakit.

Usahakan tidak membawa terlalu banyak barang. Isi tas yang akan dibawa dengan perlengkapan berikut ini:

  • Dokumen penting.
  • Baju berkancing depan.
  • Celana dalam dan pembalut.
  • Perlengkapan mandi.
  • Perlengkapan baju bayi.
  • Bra menyusui.
  • Ponsel dan charger.
  • Handuk untuk mandi.
  • Sarung atau kain selimut.

Itulah beberapa persiapan menyambut persalinan. Selain beberapa persiapan di atas, calon orang tua bisa menunjang kesehatan Si Kecil dengan konsumsi vitamin yang dibutuhkan.

Saat ibu dan bayi berada dalam kondisi sehat, proses persalinan jadi lebih mudah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Seorang Bule Pingsan di Kolam Renang dan Berujung Meninggal di Karangasem

Pria bule asal Belanda bernama Eddy Van Den Brand (63) meninggal dunia di sebuah villa tempat ia menginap di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten...

Hukum

Bejat! Remaja di Padang Cabuli Adik Sepupu Umur 10 Tahun

Seorang remaja yang berinisial YPY (18) tahun ditangkap Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang karena diduga melakukan pencabulan terhadap anak bawah umur. Korban tidak lain...

Iklan3