5 Manfaat Sunscreen bagi Kesehatan Kulit

Jangan sepelekan manfaat sunscreen untuk kulit. Pasalnya ia bisa memberikan perlindungan terhadap risiko kanker, mencegah penuaan dini, dan mengurangi peradangan.

Selama ini mungkin kamu berpikir bahwa sunscreen hanya memberikan manfaat perlindungan terhadap sinar matahari. Makanya, penggunaan sunscreen sangat disarankan ketika kamu sedang bepergian ke pantai atau daerah tropis lainnya.

Padahal, sunscreen tidak hanya memberikan perlindungan akan terik matahari. Ada banyak manfaat mengoleskan sunscreen bagi kesehatan kulit. Informasi selengkapnya kenapa sunscreen wajib dipakai, bisa dibaca di sini!

Manfaat Sunscreen untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Mengenakan sunscreen dapat memberikan perlindungan terhadap risiko kanker kulit. Kanker kulit adalah jenis kanker yang paling berbahaya dan kerap menjadi risiko  seiring dengan pertambahan usia–terutama buat wanita. Lantas, apa lagi manfaat sunscreen bagi kesehatan kulit lainnya? Berikut ulasannya:

  1. Mencegah Penuaan Dini

Semua orang pasti berharap memiliki kulit yang sehat, kenyal, dan senantiasa muda. Nah, ini bisa didapatkan jika kamu rajin menggunakan sunscreen.

Penggunaan sunscreen akan memberikan perlindungan dan mencegah penuaan dini. Pasalnya, paparan sinar matahari yang berlebihan bisa membuat kulit cepat berkerut dan mengalami garis-garis halus.

  1. Mengurangi Risiko Munculnya Noda Hitam pada Wajah

Mengoleskan sunscreen ke wajah dapat mencegah timbulnya noda hitam pada wajah yang biasanya muncul karena paparan sinar matahari. Penggunaan sunscreen juga membantu mencegah timbulnya jerawat dan kerusakan skin barrier akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

  1. Pelindung Kulit saat Berjemur

Berjemur di bawah sinar matahari buat sebagian orang adalah menyenangkan, karena bisa dimanfaatkan sebagai tanning. Kulit nantinya akan jadi lebih cokelat dan terlihat seksi.

Namun, jangan hanya asal seksi saja, kamu tetap perlu memberi perhatian dari sisi kesehatan. Tanning yang sehat adalah tanning yang tidak berisiko terkena sinar UVB. Dan untuk memberikan perlindungan demikian, maka kamu wajib menggunakan sunscreen.

  1. Mempertahankan Warna Kulit Tetap Rata

Paparan sinar matahari bisa membuat kulit belang-belang. Nah, penggunaan sunscreen dapat membantu mempertahankan warna kulit tetap rata. Sunscreen membantu mencegah perubahan warna dan bintik hitam akibat paparan sinar matahari.

  1. Mengurangi Peradangan

Paparan sinar matahari dan sinar UV dapat menyebabkan kemerahan parah pada kulit dan peradangan. Mengenakan sunscreen dapat mengurangi kemungkinan peradangan dan kemerahan pada kulit. Tapi, jangan lupa untuk memilih jenis sunscreen yang sesuai dengan kondisi kulitmu, ya.

Itulah informasi mengapa sunscreen wajib dipakai karena memiliki manfaat nyata untuk kesehatan kulit.

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Jokowi soal Usul TNI Jabat di Kementerian: Kebutuhan Belum Mendesak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan belum ada kebutuhan mendesak bagi pemerintah untuk menempatkan tentara di jabatan-jabatan kementerian atau lembaga negara. Hal ini disampaikan Jokowi merespons...

Gaya Hidup

5 Cara agar Tidak Cemas Berlebihan Menghadapi Masa Depan

Masa depan penuh dengan ketidakpastian. Kita tak bisa benar-benar tahu dengan pasti hal-hal yang akan terjadi di masa depan. Ada yang mungkin akan berhasil, tetapi...

Peristiwa

Seorang Wanita Ingin Bunuh Diri di Kupang Berhasil Digagalkan Warga

Seorang wanita ingin bunuh diri di Jembatan Liliba Kota Kupang pada Kamis (11/8/2022) namun berhasi digagalkan warga setempat. Warga yang melintas di Jembatan Liliba dan...

Hukum

Ferdy Sambo: Saya Meminta Maaf Beri Informasi Tidak Benar

Eks Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo meminta maaf kepada masyarakat luas dan pihak-pihak terkait yang terdampak masalah yang dihadapinya. Sambo mengakui telah...

Iklan 6