5 Manfaat Sereh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat sereh untuk kesehatan cukup banyak, mulai dari menyehatkan pencernaan hingga mengontrol tekanan darah dan kolesterol. Selain itu, sereh juga bermanfaat bagi kecantikan, terutama bagi kulit.

Selain menyedapkan masakan, sereh juga punya banyak manfaat, lho. Yuk simak apa saja manfaat sereh untuk kesehatan dan kecantikan dalam pembahasan berikut ini!

Berbagai Manfaat Sereh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sereh merupakan salah satu bumbu yang sering digunakan dalam masalah Nusantara. Ini juga bisa digunakan sebagai pengusir serangga, dan aromaterapi untuk menyegarkan udara.

Sereh juga digunakan sebagai obat tradisional untuk banyak masalah kesehatan, dan ekstraksinya sering ditambahkan di produk kecantikan. Berikut ini manfaat sereh untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu diketahui:

  1. Baik untuk Pencernaan

Secangkir teh sereh bisa membantu meredakan sakit perut dan masalah pencernaan lainnya. Sebuah studi pada 2012 di Journal of Young Pharmacists menunjukkan bahwa sereh efektif melawan tukak lambung. Hal ini karena minyak esensial sereh dapat membantu melindungi lapisan perut dari kerusakan akibat aspirin dan etanol.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Konsumsi teh sereh diketahui dapat membantu mengontrol tekanan darah tetap normal. Namun, hindari mengonsumsi sereh berlebihan, karena berisiko menurunkan detak jantung bagi beberapa orang.

  1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat sereh bagi kesehatan selanjutnya adalah menurunkan kolesterol tinggi. Namun, masih butuh penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

  1. Meredakan Ruam Kulit

Terkenal karena karakteristik antiinflamasinya yang luar biasa, sereh bekerja sangat baik dalam menenangkan kulit yang teriritasi. Terutama yang disebabkan oleh cuaca kering di musim panas dan musim dingin.

Menerapkan krim pelembap atau body lotion yang mengandung esensi serai memberikan kulit yang lembut, halus, terhidrasi.

  1. Memudarkan Bekas Jerawat
BACA JUGA  6 Makanan untuk Hipertensi yang Sebaiknya Dikonsumsi dan Dihindari

Sereh juga memiliki sifat antibakteri yang kuat. Mencuci wajah setiap hari dengan air hangat dengan pembersih berbasis sereh dapat membantu membersihkan pori-pori dari kotoran dan kuman, membersihkan kulit dari bakteri pemicu jerawat, jerawat dan bintik hitam, memudarkan bekas jerawat.

Itulah beberapa manfaat sereh bagi kesehatan dan kecantikan. Dapat diketahui bahwa bumbu dapur ini ternyata bisa memberi banyak khasiat, meski beberapa butuh penelitian lebih lanjut.

Namun, tidak ada salahnya untuk rutin mengonsumsinya setiap hari, selama tidak berlebihan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung

Pendiri Sunda Empire, Lord Rangga Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung. Ki Ageng Rangga Sasana, atau yang lebih dikenal publik dengan panggilan Lord Rangga, dikabarkan meninggal...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Pria 49 Tahun di Balikpapan Tersetrum Tegangan Tinggi saat Mengecat Ruko

Saat sedang mengecat sebuah ruko di kawasan Belakang BCA, Kelurahan Klandasan Ilir, Balikpapan Kota, seorang pria bernama Riski (49) tersentrum listrik tegangan tinggi pada...

Hukum

Polisi Tangkap Pelaku Pembacok Pelajar SMP di Yogya

Polisi berhasil menangkap pelaku penganiayaan yang menyebabkan seorang pelajar SMP di Yogyakarta berinisial M (14) mengalami luka di bagian wajah. Pelaku diketahui menyabetkan sabuk...

Iklan3