5 Manfaat Masker Lemon untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Masker lemon bisa menjadi salah satu pilihan masker alami untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat masker ini dipercaya dapat mencegah penuaan dini. Tak hanya itu, ada beragam manfaat masker lemon lainnya yang juga bisa kamu peroleh, lho.

Selain dimanfaatkan dalam bentuk minuman, kini semakin banyak produk kecantikan dengan bahan dasar lemon yang beredar di pasaran, termasuk masker wajah. Lemon sendiri kerap digunakan sebagai masker wajah alami karena memiliki beragam manfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Beragam manfaat tersebut berasal dari kandungan vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, protein, beta karoten, asam sitrat, hingga antioksidan seperti flavonoid.

Manfaat Masker Lemon untuk Wajah

Berikut ini adalah beberapa manfaat masker lemon yang bisa kamu peroleh bila rutin menggunakannya:

  1. Mengatasi dan mencegah jerawat

Asam sitrat merupakan sejenis AHA alami yang bisa ditemukan di dalam buah citrus, termasuk lemon. Kandungan asam sitrat pada lemon ini diduga dapat mengurangi produksi minyak berlebih penyebab jerawat dan mengatasi peradangan akibat jerawat di wajah.

Selain itu, kandungan asam sitrat ini juga dapat memecah sel kulit mati yang bisa menyebabkan komedo dan jerawat.

  1. Mencegah penuaan dini

Manfaat masker lemon satu ini berasal dari kandungan vitamin C di dalamnya. Ini karena vitamin C diduga mampu meningkatkan produksi kolagen, yaitu protein penting yang berfungsi untuk mempertahankan kesehatan dan elastisitas kulit.

Dengan begitu, tanda-tanda penuaan dini, seperti flek hitam, kerutan, dan wajah kendur, bisa teratasi dengan rutin menggunakan masker lemon ini.

  1. Mencerahkan wajah

Penggunaan masker lemon secara rutin diduga mampu membuat kulit wajah tampak lebih cerah. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan dalam lemon yang mampu melawan radikal bebas, salah satu penyebab terjadinya kulit kusam.

BACA JUGA  6 Cara Tepat Mengaplikasikan Maskara

Selain itu, kandungan asam sitrat dalam lemon juga dapat mengangkat sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih cerah dan mulus.

  1. Mencegah hiperpigmentasi kulit

Manfaat masker lemon selanjutnya adalah mencegah hiperpigmentasi kulit yang terjadi akibat paparan sinar matahari berlebih. Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam lemon diduga dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Meski begitu, sebaiknya kamu dianjurkan untuk tetap menggunakan sunscreen apabila ingin beraktivitas di luar ruangan agar kulit terlindungi dari paparan sinar UV.

  1. Mencegah kanker kulit

Manfaat masker lemon dalam mencegah kanker kulit ini berasal dari kandungan limonene dan narigenin dalam lemon. Kedua kandungan tersebut diduga memiliki efek antikanker yang mampu mencegah perkembangan sel kanker.

Namun, penelitian ini masih sebatas uji laboratorium dan memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas lemon dalam mencegah kanker kulit.

Cara Membuat Masker Lemon

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, sebaiknya gunakan masker lemon secara teratur, sebanyak 2–3 kali dalam seminggu. Kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini adalah cara membuat masker lemon yang bisa kamu coba lakukan:

  • Campurkan 1 sendok teh lemon dengan ½ sendok madu atau air.
  • Oleskan campuran tersebut ke wajah secukupnya.
  • Diamkan hingga kering, kurang lebih 10 menit.
  • Bilas menggunakan air hangat, kemudian keringkan wajah.

Umumnya, masker lemon aman digunakan untuk orang yang memiliki kulit normal. Namun, pada sebagian orang yang memiliki kulit sensitif, kamu tidak disarankan menggunakan masker ini, karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

Manfaat masker lemon untuk kesehatan kulit memang beragam. Namun, perlu diingat bahwa masker lemon belum tentu cocok untuk semua jenis kulit. Selain itu, masker lemon juga bisa membuat kulit kamu lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

BACA JUGA  Amankah Suntik Kromosom untuk Kecantikan? Simak Ulasannya Dibawah Ini

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk tidak langsung terpapar sinar matahari setelah penggunaan masker lemon. Pemakaian masker ini pun lebih dianjurkan pada malam hari sebelum tidur.

Jika penggunaan masker lemon secara rutin tidak kunjung mengatasi masalah kulitmu atau justru memicu masalah kulit baru, kamu dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan perawatan yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulitmu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Ruko Laundry di Tangerang Terbakar, 3 Tewas Terpanggang!

Musibah kebakaran terjadi Tangerang, Sebuah rumah yang dijadikan tempat usaha cuci pakaian terbakar. kebakaran ini terjadi di Perumahan Taman Cikande RT 09 RW 02...

Hukum

Gelar Rekonstruksi! Suami yang Bunuh Istri lalu Mayat Dibuang di Jembatan Bima Ngaku Menyesal dan Menangis

Rekonstruksi kejadian suami yang bunuh istri lalu mayatnya dibuang di jembatan Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) digelar pada Jumat (2/12/2022). Rekonstruksi pembunuhan...

Iklan3