5 Makna Proklamasi Kemerdekaan dalam Berbagai Bidang

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada Jumat, 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaaan Timur No 56, Jakarta. Soekarno membacakan naskah proklamasi dengan lantang yang telah dirumuskan oleh tokoh-tokoh proklamasi semalam suntuk. Dengan dibacakannya proklamsi kemerdekaan artinya Indonesia telah terbebas dari belenggu penjajah yang telah menjajah selama ratusan tahun. Kabar tersebut disiarkan melalui media cetak, elekronik (radio), dan berbagai utusan daerah.

Peristiwa yang terjadi kurang dari satu jam itu telah membawa perubahan bagi bangsa Indonesia. Perjuangan semasa kolonial hingga perumusan proklamasi kemerdekaan memiliki makna yang berarti bagi bangsa Indonesia. Berikut ini ada 5 makna proklamasi dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat.

Makna Proklasi Kemerdekaan

1. Bidang Politik

Proklamasi Indonesia membuat Indonesia semakin memiliki kedaulatan rakyat, yakni berupa pengakuan dari segenap rakyat Indonesia bahwa pemerintah Indonesia merupakan pemegang kekuasaan tertinggi serta terlepas dari belenggu penjajah. Keinginan bebas dari penjajah merupakann cita-cita bangsa Indonesia yang sudah lama dijajah oleh bangsa lain.

2. Bidang Sosial

Masyarakat berhak berpartisipasi dan berkarya dalam bidang apapun sesuai keinginan, tidak ada perbedaan suku, agama, rasa, pandangan politik, dan sebagainya.

3. Bidang Ekonomi

Dalam bidang ekonomi ada kewenangan bagi bangsa Indonesia menuju masyarakat sejahtera dengan menguasai dan mengelola sumber-sumber daya ekonomi secara mandiri. Proklamasi kemerdekaan merupakan tiitk awal untuk tidak ada lagi monopoli-monopoli yang berusaha merampas hak dan segala kekayaan yang terdapat di dalam negeri oleh penjajah asing.

4. Bidang Budaya

budaya Indonesia (freepik)

Dalam bidang budaya, proklamasi kemerdekaan memiliki makna yang besar. Indonesia memiliki kepribadian nasional yang berasal dari kebudayaan bangsa Indoensia. Pancasila mencerminkan nilai-nilai kepribadian, mulai dari ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, hingga keadilan sosial.

BACA JUGA  Menkominfo Sampaikan Komponen Media Gotong Royong Atasi Pandemi

5. Bidang Pendidikan

pendidikan Indonesia (freepik)

Makna proklamasi dalam bidang pendidikan bahwa setiap anak di Indonesia berhak mendapatkan pendidikan dan wajib belajar selama 12 tahun. Pendidikan diperoleh masyarakat Indonesia seutuhnya, baik pria atau wanita maupun kaya atau miskin. Dalam sistem pendidikan juga dilakukan dengan standar dan kualitas yang setara guna tercipta generasi yang unggul dan berkualitas.

Iklan 7

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

3 Cara Cerdas Membuat Lilin Tahan Lama

Lilin merupakan sumber penerangan yang terdiri dari sumbu yang diselimuti oleh bahan bakar padat. Sebelum abad ke-19, bahan bakar yang digunakan biasanya adalah lemak...

Peristiwa

Angin Puting Beliung sebabkan Pohon Tumbang hingga Kuburan Terbongkar di Pematangsiantar

Bencana angin puting beliung menerjang Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara (Sumut). Sejumlah pohon tumbang yang menyebabkan kuburan warga terbongkar. Dampak angin puting beliung tersebut, kompleks permakanan,...

Hukum

Pesta Sabu, 4 Pria di Pesawaran Ditangkap Polisi

Jajaran unit satnarkoba Polsek Gadingrejo menggerebek sebuah lokasi yang diduga mengadakan pesta narkoba di dua lokasi berbeda di pekon Gadingrejo Utara. Sebanyak empat pria...

Iklan 6