5 Makna Proklamasi Kemerdekaan dalam Berbagai Bidang

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada Jumat, 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaaan Timur No 56, Jakarta. Soekarno membacakan naskah proklamasi dengan lantang yang telah dirumuskan oleh tokoh-tokoh proklamasi semalam suntuk. Dengan dibacakannya proklamsi kemerdekaan artinya Indonesia telah terbebas dari belenggu penjajah yang telah menjajah selama ratusan tahun. Kabar tersebut disiarkan melalui media cetak, elekronik (radio), dan berbagai utusan daerah.

Peristiwa yang terjadi kurang dari satu jam itu telah membawa perubahan bagi bangsa Indonesia. Perjuangan semasa kolonial hingga perumusan proklamasi kemerdekaan memiliki makna yang berarti bagi bangsa Indonesia. Berikut ini ada 5 makna proklamasi dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat.

Makna Proklasi Kemerdekaan

1. Bidang Politik

Proklamasi Indonesia membuat Indonesia semakin memiliki kedaulatan rakyat, yakni berupa pengakuan dari segenap rakyat Indonesia bahwa pemerintah Indonesia merupakan pemegang kekuasaan tertinggi serta terlepas dari belenggu penjajah. Keinginan bebas dari penjajah merupakann cita-cita bangsa Indonesia yang sudah lama dijajah oleh bangsa lain.

2. Bidang Sosial

Masyarakat berhak berpartisipasi dan berkarya dalam bidang apapun sesuai keinginan, tidak ada perbedaan suku, agama, rasa, pandangan politik, dan sebagainya.

3. Bidang Ekonomi

Dalam bidang ekonomi ada kewenangan bagi bangsa Indonesia menuju masyarakat sejahtera dengan menguasai dan mengelola sumber-sumber daya ekonomi secara mandiri. Proklamasi kemerdekaan merupakan tiitk awal untuk tidak ada lagi monopoli-monopoli yang berusaha merampas hak dan segala kekayaan yang terdapat di dalam negeri oleh penjajah asing.

4. Bidang Budaya

budaya Indonesia (freepik)

Dalam bidang budaya, proklamasi kemerdekaan memiliki makna yang besar. Indonesia memiliki kepribadian nasional yang berasal dari kebudayaan bangsa Indoensia. Pancasila mencerminkan nilai-nilai kepribadian, mulai dari ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, hingga keadilan sosial.

BACA JUGA  PDIP: Omongan Ganjar Pranowo Jangan Dijadikan Gimmick Politik

5. Bidang Pendidikan

pendidikan Indonesia (freepik)

Makna proklamasi dalam bidang pendidikan bahwa setiap anak di Indonesia berhak mendapatkan pendidikan dan wajib belajar selama 12 tahun. Pendidikan diperoleh masyarakat Indonesia seutuhnya, baik pria atau wanita maupun kaya atau miskin. Dalam sistem pendidikan juga dilakukan dengan standar dan kualitas yang setara guna tercipta generasi yang unggul dan berkualitas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Warga Pesisir Selatan Ditemukan Gantung Diri Gunakan Kain Panjang

Nur Afendi panggilan Pendi yang berusia 18 tahun, Warga Kampung Sinjalai Sei. Sirah Kenagarian Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan ditemukan gantung diri dengan...

Hukum

Sakit Hati, Pemuda di Bekasi Bunuh Kekasih Baru Mantan Pacar

F (19) tahun, Seorang pemuda di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menusuk pemuda yang berinisial R (20) tahun. Penusukan itu menewaskan R. Polisi mengungkapkan R berpacaran...

Iklan3