5 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Bikin Mandul

Memiliki anak menjadi impian hampir setiap pasangan. Tapi, tidak semua pasangan diberi kemudahan dalam memiliki keturunan. Apalagi jika pasangan mengalami kemandulan.
Mandul atau kesulitan memiliki keturunan memang bisa dialami siapa saja, baik pria maupun wanita. Ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan mandul.

Mandul adalah gangguan kesuburan yang membuat seseorang sulit memiliki anak. Ada banyak penyebab, salah satunya adalah gaya hidup tidak sehat yang bisa dilihat dari kebiasaan sehari-hari.

Kebiasaan apa saja yang bisa membuat seseorang jadi mandul. Berikut diantaranya, mengutip berbagai sumber.

1. Stres

ilustrasi stres (freepik)

Stres dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti penyakit jantung, asma, obesitas, dan depresi. Tapi stres juga bisa mengganggu pembuahan.

Dikutip dari Health Shoot, para ahli telah memperingatkan tentang dampak gaya hidup yang sibuk pada libido dan dorongan seks di antara pasangan muda.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility, stres dapat menurunkan kualitas sperma dan air mani. Hal ini dapat berimplikasi pada kesuburan pria. Stres kronis juga dapat memengaruhi ovulasi pada beberapa wanita.

2. Tidak menjaga berat badan

Kebiasaan yang menyebabkan mandul lainnya adalah tidak menjaga berat badan. Menjaga berat badan tetap ideal sangat penting untuk kesuburan.

3. Merokok

rokok (freepik)

Selain kandungan nikotin, rokok juga mengandung logam berat seperti kadmium dan timbal. Keduanya bisa memengaruhi kepadatan sperma. Asap rokok juga bisa merusak DNA sperma. Merokok jadi salah satu kebiasaan penyebab mandul yang cukup umum.

Bukan hanya itu, merangkum berbagai sumber, merokok membuat ovarium wanita menua. Merokok juga dikaitkan dengan keguguran, kehamilan ektopik, dan menyebabkan penyumbatan di saluran tuba yang membuat pertemuan sel telur dan sperma terhambat.

4. Minum alkohol

Minum terlalu banyak alkohol menurunkan kadar hormon steroid (termasuk hormon seks). Kebiasaan ini juga mengakibatkan siklus menstruasi yang tidak normal pada wanita.

Produksi sperma juga terpengaruh pada pria peminum berat. Semakin banyak konsumsi alkohol, semakin besar pula penurunan kualitas sperma.

5. Terpapar polusi

Studi terbaru menyebut, polusi udara bisa jadi salah satu penyebab. Polusi udara menyebabkan kualitas sperma yang buruk dan meningkatkan tingkat keguguran.

Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan paparan lingkungan yang lebih hijau dan bersih. Hindari beberapa kebiasaan yang menyebabkan mandul di atas agar Anda dan pasangan mudah diberikan momongan.

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

5 Tanda Dia Punya Hati Tulus Menyayangimu

Ketika di masa pendekatan, biasanya ada upaya untuk bisa saling mengenal satu sama lain. Selain itu, kita perlu meyakinkan ada hati yang tulus menyayangi sebelum melangkah...

5 Cara Redakan Rasa Marah

Peristiwa

Sebuah Mobil Terbalik di Setra Desa Adat Sidemen Bali

Sebuah mobil jenis Suzuki Splash dengan nomor polisi DK 1178 CU terbalik di setra (kuburan) Desa Adat Sukahet, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, pada Rabu...

Hukum

Asyik Nyabu, Oknum Pegawai Honorer Dinas Pertanian Sumsel Digrebek

Polisi menggerebek seorang oknum pegawai honorer Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berinisial RE (26) saat tengah asyik mengisap sabu. Petugas lapangan pertanian atau...

Iklan 6