5 Cara Mudah Membuat Masker Wajah di Rumah

Punya kulit putih, bersih, sehat, dan bercahaya tentu menjadi dambaan semua wanita. Tidak perlu menghabiskan banyak uang, karena kamu bisa membuat masker wajah sendiri di rumah.

Sebenarnya, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk merawat kulit dengan membeli masker wajah yang mahal. Sebab  kamu bisa membuat sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan alami.

Masker wajah menjadi salah satu bentuk perawatan wajah yang memiliki banyak fungsi. Mulai dari membantu mengangkat sel kulit mati atau eksfoliasi, menyamarkan kerutan dan tanda penuaan, dan membuat kulit tampak lebih cerah.

Bahkan, dibandingkan dengan masker wajah yang banyak beredar di pasaran, produk dari bahan alami bisa dibilang lebih aman. Produk ini bebas dari kandungan bahan kimia yang sebenarnya cukup berbahaya untuk kulit, terlebih pemilik kulit sensitif. Bukannya sehat, salah menggunakan masker wajah juga bisa membuat kulit mengalami peradangan dan iritasi.

Membuat Masker Wajah dari Bahan Alami di Rumah

Sekarang, kamu bisa membuat masker wajah sendiri di rumah dengan menggunakan berbagai bahan alami, yaitu:

  1. Masker Buah Pepaya

Buah pepaya kaya akan antioksidan dan enzim papain yang dapat membantu memperbaiki kerusakan pada kulit, sekaligus mengangkat sel kulit mati. Selain itu, buah dengan warna daging merah oranye ini juga diyakini dapat membantu menyamarkan noda hitam karena paparan sinar matahari yang berlebihan.

Cara membuatnya juga sangat mudah, kamu hanya perlu menghaluskan buah pepaya secukupnya, lalu mengoleskan secara merata ke wajah. Diamkan selama sekitar 10 menit sebelum membilas wajah dengan air bersih. Agar manfaatnya lebih maksimal, kamu bisa menambahkan campuran buah pisang atau madu.

  1. Masker Buah Alpukat

Masker wajah alami selanjutnya bisa kamu buat dengan menggunakan buah alpukat. Buah satu ini memiliki kandungan lemak sehat, vitamin B, dan kalium. Kandungan tersebut bekerja aktif untuk mengelupas kulit mati dan membantu menjaga kulit tetap lembap.

BACA JUGA  4 Manfaat Sabun Pepaya untuk Kesehatan Kulit Wajah

Cara membuat masker wajah dari alpukat tidak sulit. Haluskan buah alpukat secukupnya. Kamu bisa tambahkan susu, madu, yogurt, atau putih telur. Aduk hingga tercampur dan oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama sekitar 10 menit, lalu bilas sampai bersih.

  1. Masker Oatmeal

Selain itu, oatmeal juga menjadi bahan alami yang banyak digunakan untuk membuat masker wajah. Bahan satu ini membantu mengangkat sel kulit mati, menjadikan kulit lebih halus dan cerah. Oatmeal untuk masker wajah juga sangat cocok diterapkan untuk pemilik kulit kusam, dan rentan mengalami masalah penyumbatan pori.

Cara membuatnya, siapkan oatmeal dalam mangkuk dan campurkan dengan menggunakan air hangat. Aduk sampai tercampur, lalu oleskan pada wajah secara merata ketika sudah cukup dingin. Diamkan selama sekitar 10 menit, lalu bilas wajah sampai bersih.

  1. Masker Buah Stroberi

Tak hanya menyegarkan, buah stroberi juga bisa dipakai sebagai bahan alami untuk membuat masker wajah. Buah berwarna merah ini bersifat antioksidan yang efektif melawan radikal bebas pada kulit wajah. Hati-hati, radikal bebas berisiko menyebabkan kulit mudah rusak karena hilangnya kolagen.

Kamu bisa menambahkan yoghurt atau madu sebagai campuran masker wajah buah stroberi. Haluskan dan oles secara merata pada wajah. Diamkan selama sekitar 10 menit, lalu bilas wajah dengan menggunakan air bersih.

  1. Masker Lidah Buaya

Selain memberikan efek menenangkan, lidah buaya juga menjadi bahan alami yang efektif untuk membantu meringankan peradangan pada kulit wajah. Menurut studi dalam jurnal Planta Medica, lidah buaya banyak dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit yang mengalami hiperpigmentasi.

Lidah buaya bisa kamu gunakan sebagai masker wajah tunggal dengan langsung mengoleskan gel bagian dalamnya ke wajah. Diamkan selama sekitar 10 menit, lalu bisa dengan air bersih.

BACA JUGA  5 Manfaat Sereh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Itu tadi beberapa bahan alami yang bisa kamu pakai untuk membuat masker wajah. Namun, segera hentikan pemakaian apabila kamu mengalami iritasi pada kulit, dan tanyakan pada dokter bagaimana penanganan pertama yang bisa dilakukan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...

Gaya Hidup

5 Manfaat Masker Lemon untuk Wajah dan Cara Membuatnya

Masker lemon bisa menjadi salah satu pilihan masker alami untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat masker ini dipercaya dapat mencegah...

Peristiwa

Tragedi Kanjuruhan, Bocah 11 Tahun Ditinggal Orangtuanya Meninggal Terinjak

Pasangan suami istri (pasutri) bernama M Yulianto (40) dan Devi Ratna Sari (30) meninggal dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang. Jenazah keduanya dimakamkan dalam...

Hukum

Diretas, Twitter Polsek Srandakan Cuit Tak Pantas soal Tragedi Kanjuruhan

Komentar tak pantas atau nirempati dari akun Twitter Polsek Srandakan, Kabupaten Bantul, terkait tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, viral di media sosial. Akun Twitter...

Iklan3