5 Cara Jitu Supaya Berhenti Overthinking

Overthinking alias berpikir berlebihan pasti pernah kita rasakan. Perasaan berpikir berlebihan biasanya kita alami saat sedang menunggu sesuatu hal yang nggak pasti atau saat dihadapkan dengan dua pilihan. Berpikir berlebihan bukan hanya membuat kita semakin stres, namun juga bisa menimbulkan serangan panik yang berpengaruh kepada performa kita di kantor.

Overthinking kerap kali muncul karena seseorang terus mengingat dan memikirkan hal-hal tertentu yang lahir dari berbagai keadaan. Ia bisa jadi muncul dari kenangan pilu di masa silam, kesalahan yang kita sesali hingga bayang-bayang kegagalan yang berisiko terjadi. Dikutip dari Psychology Today, overthinking dapat berupa ruminasi, kondisi ketika seseorang berhubungan dengan ingatan terus-menerus pada masa lalu, dan khawatir berlebihan, jika ia berhubungan dengan masa depan.

Dikutip dari Psychology Today, overthinking dapat berupa ruminasi, kondisi ketika seseorang berhubungan dengan ingatan terus-menerus pada masa lalu, dan khawatir berlebihan, jika ia berhubungan dengan masa depan. Sebuah studi menemukan bahwa 52 persen dari orang-orang setengah baya berusia 45 hingga 55 tahun memikirkan suatu problem secara berlebihan atau mengalami overthinking. Demikian pula, ada sekitar 73 persen dari orang dewasa usia 25 hingga 35 tahun terjebak di masalah yang sama.

Maka dari itu, berikut ini tips untuk menghentikan overthinking, yuk simak penjelasan berikut ini.

1. Perhatikan pikiran

pikiran penuh (freepik)

Kesadaran adalah langkah pertama untuk mengakhiri overthinking. Ketika telah menyadari bahwa kamu mulai banyak berpikir: melihat peristiwa dalam pikiran secara berulang, atau mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat kamu kendalikan, akui bahwa pikiran itu tidak produktif.

2. Hadapi pikiran negatif sebelum memburuk

Setelah menyadari kondisi yang kamu alami, sekarang saatnya untuk belajar mengendalikan pikiran tersebut. Pikiran negatif dapat dengan mudah membuat kamu terbawa. Kendalikan diri kamu agar tidak terlarut dalam pikiran tersebut dan tanamkan dalam pikiran bahwa hal tersebut terlalu berlebihan untuk dipikirkan, sehingga sebaiknya kamu berhenti memikirkannya.

BACA JUGA  KLHK Pantau Seluruh Titik Api di Wilayah Rawan

3. Fokus pada pemecahan masalah

Overthinking dapat muncul ketika kita menghadapi masalah tertentu dalam hidup. Namun, yang harus diketahui memikirkannya berlarut-larut tidak selalu dapat menyelesaikan masalah tersebut. Sebaiknya kamu fokus pada langkah pasti yang dapat menjadi solusi masalah tersebut. Jangan terus menyesali mengapa sesuatu dapat terjadi, tapi lebih baik fokus pada apa yang dapat memperbaiki keadaan tersebut.

4. Jadwalkan waktu refleksi

jadwalkan waktu (freepik)

Jika harus memikirkan masalah-masalah kehidupan, luangkanlah waktu untuk hal tersebut. Anda dapat meluangkan waktu sekitar 20-30 menit untuk refleksi dan introspeksi diri. kamu dapat memikirkan kesalahan yang kamu lakukan dan fokus pada bagaimana memperbaikinya. Selain itu kamu juga dapat memikirkan tentang tantangan-tantangan di depan dan menyusun strategi untuk melewatinya. Apabila waktu tersebut habis, kamu harus kembali ke aktivitas biasa dan kembali produktif.

5. Berlatih Mindfulness

Mindfulness mengharuskan kamu sepenuhnya sadar dan fokus pada keberadaan saat ini. Cara ini membutuhkan latihan dan jika kamu berhasil melakukannya, maka akan sangat membantu dalam mengurangi overthinking. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih mindfulness adalah sebagai berikut:

  • Hindari akses pada pekerjaan di luar jam kerja Anda dan fokus pada aktivitas lain yang bisa dilakukan
  • Nikmati makananmu dengan perhatian penuh
  • jangan melakukan hal lain ketika makan
  • Jalan-jalan sambil memerhatikan lingkungan sekitar, bila perlu catat apa saja yang kamu temui di jalan mulai dari apa yang kamu lihat, dengar, dan hirup.Selain cara-cara tersebut, mengapresiasi segala pencapaian diri serta melakukan meditasi juga bisa menjadi alternatif lain dalam menghentikan overthinking.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Tragedi Kanjuruhan, Bintang Emon Singgung Tanggung Jawab Pihak Berwenang

Komika Bintang Emon menjadi salah satu dari sekian selebritis Tanah Air yang akui ikut merasa terpukul atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang,...
- Advertisement -

Gaya Hidup

Tren Perawatan Sulam Bedak Meningkat, Kenali Manfaat dan Risikonya

Sulam bedak merupakan tren perawatan kulit wajah asal Korea Selatan yang tengah populer. Meski dapat mencerahkan dan menutupi noda di kulit, perawatan kulit ini...

Peristiwa

Ruko Laundry di Tangerang Terbakar, 3 Tewas Terpanggang!

Musibah kebakaran terjadi Tangerang, Sebuah rumah yang dijadikan tempat usaha cuci pakaian terbakar. kebakaran ini terjadi di Perumahan Taman Cikande RT 09 RW 02...

Hukum

Gelar Rekonstruksi! Suami yang Bunuh Istri lalu Mayat Dibuang di Jembatan Bima Ngaku Menyesal dan Menangis

Rekonstruksi kejadian suami yang bunuh istri lalu mayatnya dibuang di jembatan Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) digelar pada Jumat (2/12/2022). Rekonstruksi pembunuhan...

Iklan3