5 Alasan Kenapa Jangan Langsung Minum Teh Manis Saat Buka Puasa

Setelah menahan tidak makan dan minum seharian, saat berbuka puasa merupakan waktu paling menyegarkan. Nikmatnya teh manis dan tiga buah kurma sering menjadi pembuka sesi berbuka. Tetapi ternyata, kandungan teh bisa memengaruhi pencernaan dan metabolisme Anda dan jangan meminumnya langsung.

Jangan langsung minum dalam keadaan perut kosong, seperti sesaat setelah berkumandang adzan maghrib pada bulan Ramadan atau saat pagi pembuka hari. Berikut alasan kenapa jangan lansung minum teh manis saat berbuka puasa.

  1. Mengganggu aktivitas metabolisme

Minum teh saat perut kosong, bisa mengganggu metabolisme karena zat asam dan basa dalam perut tidak seimbang. Maka, jangan langsung minum teh manis saat buka puasa. Bukalah dengan air mineral dan beri jeda 15-20 menit untuk minum teh, saran Rujuta Diwekar, nutrisionis. Saat jeda, Anda bisa mengisi perut dengan buah atau kurma sebelum minum teh.

  1. Merasa haus terus

Teh bersifat diuretik yang menghilangkan air dari tubuh. Saat berpuasa, Anda sudah kehilangan cairan karena tidak minum dan makan selama lebih dari 8 jam. Maka tubuh akan mengalami kekurangan cairan berlebihan jika langsung dibuka dengan minum minuman ini.

  1. Bikin mual dan pusing

Sama seperti kopi, hanya saja keduanya memiliki tingkat kafein yang berbeda. Teh bisa bikin mual dan pusing ketika langsung diminum saat berbuka puasa.  Nah, saat perut kosong, paling tepat diisi dengan minuman yang netral seperti air mineral.

  1. Penyerapan zat besi menurun

Mengutip VOI, teh hijau ternyata dapat menurunkan efektivitas penyerapan zat besi. Jadi bagi Anda yang cenderung mengalami anemia, sebaiknya tidak minum teh saat perut kosong karena zat besi dari sumber makanan lain tidak bisa terserap maksimal oleh tubuh.

  1. Menyebabkan konstipasi
BACA JUGA  BPOM Beri Izin Uji Klinis Vaksin Merah Putih

Teh mengandung senyawa kimia yang disebut theophylline. Efek dari senyawa tersebut selain membuat cairan tubuh menurun, juga menyebabkan konstipasi. Artinya, isi dulu perut dengan minuman lain selain teh. Baru setelah terisi, Anda bisa menikmati teh manis dengan aroma wangi.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Minta Masyarakat Waspada, Sultan: Banjir Rob Adalah Ancaman Nyata Perubahan Iklim

Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin meminta masyarakat pesisir Indonesia untuk mewaspadai ancaman banjir rob yang terjadi dalam skala besar...

Gaya Hidup

Ketahui Penyebab Kutu Rambut dan Cara Penularannya

Penyebab kutu rambut adalah parasit yang hidup dan berkembang biak di kulit kepala. Parasit ini bisa menular dari satu orang ke orang lainnya melalui...

Peristiwa

Ribuan Pembudidaya Ikan Hias di Tulungagung Gulung Tikar

Harga ikan hias yang anjlok sejak beberapa bulan lalu di pasaran menyebabkan ribuan pembudidaya ikan hias di Tulungagung gulung tikar dan berbondong-bondong beralih ke...

Hukum

Densus 88 Amankan Panah saat Penggeledahan Kos Simpatisan ISIS di Kota Malang

Seorang pria terduga simpatisan ISIS diamankan Densus 88 Antiteror di Kota Malang. Pria tersebut diamankan di sebuah tempat kos di di Perum Dinoyo Permai,...