4 Manfaat Sabun Pepaya untuk Kesehatan Kulit Wajah

Ada banyak manfaat sabun pepaya untuk kesehatan kulit wajah yang bisa Anda dapatkan. Selain lembut di kulit, sabun ini dipercaya dapat mencerahkan, mengurangi kerutan, serta menyamarkan bintik hitam di wajah.

Selain dimakan langsung, manfaat pepaya juga bisa didapat melalui ekstraknya yang terkandung di dalam sabun pepaya. Banyak orang memilih menggunakan sabun pepaya untuk membersihkan tubuh atau sebagai sabun pembersih wajah karena berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya.

Beragam Manfaat Sabun Pepaya

Manfaat sabun pepaya untuk kecantikan kulit cukup banyak, di antaranya:

  1. Mengangkat sel kulit mati

Enzim papain dalam sabun pepaya diduga dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Jika digunakan secara teratur, sabun pepaya dipercaya bisa membuat kulit wajah menjadi halus, serta terlihat lebih bersih dan sehat.

  1. Mencerahkan kulit

Manfaat sabun pepaya lain yang bisa Anda dapatkan adalah dapat mencerahkan kulit. Selain itu, sabun pepaya juga dapat mengatasi bercak-bercak gelap akibat hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit yang belang.

  1. Mengatasi kulit berjerawat dan beruntusan

Manfaat sabun pepaya selanjutnya yaitu dapat mengurangi beruntusan dan jerawat pada kulit. Hal ini berkat kandungan enzim papain dan chymopapain dalam buah pepaya.

Papain sendiri terbukti efektif dalam mengangkat sel kulit mati dan menghancurkan keratin penyebab beruntusan di wajah. Pengangkatan sel kulit mati dapat mencegah penyumbatan pori-pori yang memicu munculnya jerawat.

  1. Mengurangi kerutan di wajah

Sabun pepaya mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi, sehingga mampu merangsang produksi kolagen kulit. Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Kadar kolagen yang cukup pada kulit dapat membuat kulit tampak lebih segar dan kencang.

Meski banyak manfaat sabun pepaya yang bisa didapatkan untuk kesehatan kulit, Anda tetap harus hati-hati dalam menggunakannya. Pasalnya, sabun pepaya bisa menimbulkan reaksi alergi, seperti gatal, kemerahan, atau pembengkakan, pada sebagian orang.

BACA JUGA  7 Penyebab Kulit Wajah Berminyak dan Mudah Berjerawat

Risiko alergi kulit terhadap sabun pepaya biasanya muncul pada orang yang memiliki alergi terhadap buah pepaya atau lateks. Jadi, jika muncul reaksi alergi setelah Anda menggunakan sabun pepaya, segera hentikan penggunaan dan bilas dengan air bersih.

Selain reaksi alergi, perhatikan pula label kemasan sabun pepaya yang Anda beli dan pilihlah produk yang telah mengantongi izin BPOM. Hal ini bertujuan untuk memastikan keamanan sabun pepaya yang akan Anda gunakan.

Langkah-Langkah Merawat Kulit Wajah

Manfaat sabun pepaya untuk kesehatan kulit wajah akan optimal jika Anda juga melakukan perawatan kulit dengan benar, seperti:

  • Membersihkan wajah secara rutin menggunakan sabun pepaya setidaknya 2 kali sehari
  • Mengeringkan wajah dengan handuk lembut dan menepuk wajah secara perlahan setelah dibersihkan
  • Mengoleskan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit Anda
  • Menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 agar kulit tetap terlindungi dari paparan sinar UV
  • Menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat, olahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan mengelola stres dengan baik

Itulah beberapa manfaat sabun pepaya dan cara merawat kulit untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat. Jika penggunaan sabun pepaya terasa kurang memuaskan, Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan saran perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Putra Mahkota Saudi, Erdogan Bertemu di Turki untuk Normalisasi Hubungan

Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman tiba di Turki untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun hari ini untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Tayyip Erdogan...

Hukum

Tak Ikut Promosi Film, Nirina Zubir Kecewa Sidang Kasus Mafia Tanah Malah Ditunda

Nirina Zubir masih menjalani proses hukum terkait kasus dugaan mafia tanah. Seperti diketahui, sang mantan ART, Riri Khasmita disebut menggelapkan aset tanah milik ibunda...