4 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Anak

Selain enak dan mudah diolah menjadi aneka hidangan, kacang hijau juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan anak, lho. Pasalnya, bahan makanan satu ini diketahui kaya akan kalsium, elektrolit, dan vitamin, tetapi rendah lemak.

Dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terkandung manfaat 323 kalori, 23 gram protein, 7,5 gram serat, 223 mg kalsium, 319 fosfor, dan 223 karoten. Tak hanya itu, kacang hijau juga diperkaya dengan sejumlah vitamin, seperti vitamin A, B, C, E, dan K.

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Anak

Berkat kandungan nutrisinya, mengonsumsi kacang hijau bisa memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan anak, seperti:

  1. Mendukung kesehatan gigi dan tulang

Mungkin selama ini banyak yang mengira bahwa kalsium hanya bisa ditemukan di susu, keju, atau yoghurt saja. Padahal, kacang hijau juga kaya akan kalsium, lho. Dalam 100 gram kacang hijau, terdapat sekiranya 223 mg kalsium.

Kalsium merupakan mineral yang berperan penting untuk membuat tulang dan gigi anak tetap kuat. Selain itu, terpenuhinya kebutuhan kalsium juga akan membantu sel saraf, otot, dan jantung anak tetap sehat.

  1. Menangkal radikal bebas

Vitexin dan isovitexin adalah jenis antioksidan yang ditemukan di dalam kacang hijau. Antioksidan diketahui mampu mencegah dan memperbaiki kerusakan sel, terutama yang terjadi akibat paparan radikal bebas.

Dengan mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan antioksidan, kesehatan anak akan lebih terjaga dan risiko terjadinya penyakit yang berkaitan dengan paparan radikal bebas, seperti peradangan, penyakit jantung, bahkan kanker, juga bisa berkurang.

  1. Mencegah sembelit

Kacang hijau mengandung serat yang berperan untuk mencegah terjadinya sembelit sekaligus menjaga kesehatan saluran pencernaan anak. Selain itu, karbohidrat yang terkandung pada kacang hijau diketahui juga lebih mudah dicerna, sehingga tidak berisiko menyebabkan perut kembung.

  1. Mencegah kenaikan berat badan berlebih
BACA JUGA  Pentingnya Ajarkan Anak Perempuan Menjaga Kesehatan Reproduksi

Selain mencegah sembelit, serat dan protein pada kacang hijau juga dinilai mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Dengan rasa kenyang yang bertahan lama, anak akan terhindar dari keinginan untuk ngemil atau makan sembarangan dan secara berlebihan.

Kendati demikian, jika diolah menjadi bubur atau es yang dibuat tanpa gula atau pemanis berlebihan, maka kacang hijau bisa menjadi pilihan camilan sehat, kok.

Selain keempat manfaat di atas, kacang hijau juga diketahui baik untuk menjaga kesehatan jantung dan keseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Ini berkat kandungan kaliumnya yang cukup banyak.

Nah, itu dia beberapa khasiat kacang hijau untuk kesehatan anak. Melihat kandungan gizi dan manfaatnya, mulai sekarang Bunda bisa memasukkan kacang hijau ke dalam menu harian Si Kecil.

Namun, bila Bunda masih ragu untuk memberikan kacang hijau kepada Si Kecil atau bingung dengan pilihan makanan sehat yang aman dan cocok untuknya, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Banjir di India dan Bangladesh, 9.5 Juta Orang Terdampak

Dua negara di Asia Selatan, India dan Bangladesh kini sedang dilanda bencana banjir besar. Akibatnya, total 9,5 juta orang dari dua negara tersebut terdampak...

Hukum

Berkas Perkara 8 Tersangka Kasus Kerangkeng Manusia Dinyatakan Lengkap

Berkas perkara delapan tersangka kasus kerangkeng manusia di rumah pribadi mantan Bupati Langkat nonaktif, Terbit Rencana Perangin-angin dinyatakan lengkap atau P21. Hanya satu perkara...