4 Kebiasaan yang Bisa Picu Skoliosis, Awas Bungkuk

Tidur menyamping dan meringkuk, sambil memeluk bantal guling adalah posisi paling nyaman dan bisa membuat kamu lebih nyenyak. Hampir setiap malam kamu melakukan kebiasaan ini. Tapi ternyata, terlalu sering tidur dengan posisi ini malah berbahaya, karena bisa menyebabkan skoliosis. Apa itu skoliosis?

Melansir NHS, skoliosis adalah kelainan yang terjadi pada tulang belakang dengan bentuk bengkok atau melengkung ke samping. Skoliosis bisa dialami siapa saja, dari mulai remaja, dewasa, bahkan bayi pun bisa mengalami kondisi ini.

Skoliosis juga merupakan kelainan yang bisa terjadi karena kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan skoliosis dan tanpa sadar sering kamu lakukan.

Berikut adalah beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan skoliosis dilansir dari berbagai sumber, kamu perlu berhati-hati.

1. Menyilangkan kaki saat duduk

menyilangkan kaki (freepik)

Cara duduk ini mungkin dianggap sopan, saat kamu menyilangkan satu kaki, sementara kaki lain menjadi penopang.

Cara duduk yang kerap dilakukan wanita ini justru berbahaya. Sebab jika dilakukan terlalu sering dan lama, bisa membuat tulang panggul berputar dari posisi yang sebenarnya.

2. Menduduki dompet

Menyimpan dompet di saku belakang celana adalah hal lumrah dan sering dilakukan pria. Tapi ternyata kebiasaan ini justru berbahaya karena bisa menyebabkan posisi tulang punggung bergeser dan menekan posisi yang lain.

3. Pakai ransel serba penuh dan berat

Kebiasaan yang sering dilakukan anak sekolah ini ternyata berbahaya. Karena punggung yang menahan banyak beban bisa menyebabkan skoliosis, tulang bisa melengkung ke samping.

4. Terlalu lama menelungkup

Menelungkupkan badan sambil beraktivitas di depan laptop memang terasa menyenangkan. Apalagi jika kamu sedang bekerja dari rumah.

Tapi, posisi ini ternyata berbahaya, apalagi jika dilakukan terlalu sering karena bisa membuat tulang belakang dan leher tidak berada pada posisi yang seharusnya.

Nah, itulah dia 4 kebiasaan yang bisa bikin kamu mengidap skoliosis.

Iklan 7

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

KPK Panggil Direktur Kementerian ESDM di Kasus Baru Bupati PPU

KPK memanggil Direktur Pembinaan Program dan Migas dari Direktorat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Dwi Anggoro. Dwi diperiksa sebagai saksi dalam...

Gaya Hidup

5 Tanda Dia Punya Hati Tulus Menyayangimu

Ketika di masa pendekatan, biasanya ada upaya untuk bisa saling mengenal satu sama lain. Selain itu, kita perlu meyakinkan ada hati yang tulus menyayangi sebelum melangkah...

5 Cara Redakan Rasa Marah

Peristiwa

Sebuah Mobil Terbalik di Setra Desa Adat Sidemen Bali

Sebuah mobil jenis Suzuki Splash dengan nomor polisi DK 1178 CU terbalik di setra (kuburan) Desa Adat Sukahet, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, pada Rabu...

Hukum

Asyik Nyabu, Oknum Pegawai Honorer Dinas Pertanian Sumsel Digrebek

Polisi menggerebek seorang oknum pegawai honorer Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berinisial RE (26) saat tengah asyik mengisap sabu. Petugas lapangan pertanian atau...

Iklan 6