30 Knalpot Brong Dimusnahkan Satlantas Polres Sidrap

Sebanyak 30 knalpot brong dimusnahkan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sidrap. Hal tersebut berlangsung di depan gedung Sat Lantas Polres Sidrap, Jumat (22/4/2022). 

Pemusnahan itu dilakukan bersama Forkopimda Sidrap dengan cara dipotong mengunakan mesin pemotong besi. Kapolres Sidrap, AKBP Ponco Indriyo menjelaskan, penertiban knalpot tidak standar atau brong ini menindak lanjuti aspirasi dari para tokoh masyarakat.

Bahwa knalpot brong sudah sangat meresahkan bagi pengendara lain dan masyarakat serta menganggu kamtibmas. Penertiban ini akan terus dilakukan sampai kota Sidrap bebas dari bisingnya bunyi dari hal tersebut.

“Apalagi Sidrap sudah ditetapkan sebagai kota tertib lalu lintas, makanya ini di tertibkan,” kata Ponco.

Ponco juga mengimbau kepada anak-anak muda agar tidak melakukan balapan liar.

“Balap liar sangat berbahaya untuk diri sendiri dan orang lain. Juga sangat meresahkan, karena suaranya sangat bising,” tuturnya.

Penertiban ini tidak hanya dilakukan hari ini saja, tetapi akan rutin dan berkelanjutan.

“Selain itu, dilakukan juga pengecekan kelengkapan kendaraan lainnya dan surat-suratnya,” jelasnya.

Kasat Lantas Polres Sidrap, AKP Mahrus Ibrahim mengatakan, bagi pengendara yang menggunakan knalpot brong ini bisa di kenakan sanksi.

“Dijerat dengan Pasal 285 Ayat 1 undang -undang LLAJ dengan ancaman kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak sebesar Rp250 ribu,” bebernya.

Sementara bagi pelaku balap liar, pasal yang diancamkan yakni pasal 297 undang-undang RI No. 22 Tahun 2009 tentang LLAJ.

“Di mana setiap orang yang balapan di jalan akan dipidana dengan kurungan paling lama 1 tahun atau denda paling banyak Rp3 juta,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Warga Rejang Lebong Temukan Mortir Peninggalan Perang

Penemuan benda mirip mortir hebohkan warga Desa Sambirejo, Kecamatan Selup Rejang, Kabupaten Rejang Lebong dihebohkan karena adanya laporan temuan benda mirip mortir. Kondisi benda yang...

Gaya Hidup

Kenali Perbedaan Alergi Matahari dan Terbakar Matahari

Alergi matahari dan terbakar matahari terkadang sulit dibedakan karena gejala yang muncul hampir serupa. Padahal, keduanya disebabkan oleh reaksi yang berbeda pada kulit. Nah,...

Peristiwa

Banjir Rob Kembali Rendam Pemukiman di Pekalongan

Peristiwa banjir rob yang kembali terjadi, Banjir terjadi di Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan menerjang permukiman pada Rabu (24/5) pagi, sebelumnya sempat...

Hukum

Koruptor Rumah Ibadah di Aceh Ditangkap Setelah 4 Tahun Buron

Koruptor rumah ibadah, Ami Aristoni ditangkap tim Intelijen Kejaksaan Agung (Kejagung). Mantan Sekretaris Dinas Bina Marga Cipta Karya Kabupaten Bener Meriah, Aceh ini sebelumnya...