3 Manfaat Garam Laut untuk Kecantikan

Bukan hanya untuk bahan masak, garam laut memiliki manfaat untuk kecantikan. Ada beberapa manfaat garam laut untuk kecantikan, seperti melembapkan kulit hingga mencerahkan kuku.

Selain garam dapur, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan jenis dan manfaat garam lainnya yaitu garam laut. Meskipun sama-sama garam, kedua jenis garam ini memiliki perbedaan pada tekstur, rasa, hingga proses pembuatannya. Garam laut dihasilkan oleh penguapan air laut atau air danau yang memiliki rasa asin. Biasanya, garam laut berbentuk butiran kristal yang cukup kasar.

Dibandingkan dengan garam dapur, garam laut memiliki mineral lebih banyak dan kandungan sodium yang lebih sedikit. Hal ini membuat banyak orang beralih menggunakan garam laut sebagai bumbu masak. Namun, tidak hanya untuk masakan, garam laut memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, loh. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Manfaat Garam Laut untuk Kecantikan

Banyak yang percaya bahwa garam laut lebih menyehatkan dibandingkan dengan garam dapur. Hal ini membuat banyak orang mengganti garam dapur dengan garam laut untuk proses memasak sehari-hari.

Garam laut dibuat dengan proses penguapan air laut atau air danau yang memiliki kandungan garam. Proses pembuatan garam laut memang lebih singkat jika dibandingkan dengan pembuatan garam dapur.

Selain itu, proses yang singkat membuat mineral pada garam laut tidak hilang. Mineral yang masih tersimpan pada garam laut membuat tekstur, warna, dan rasa pada garam laut berbeda dengan garam dapur. Garam laut umumnya tersedia dalam bentuk butiran kasar hingga kristal.

Ada berbagai manfaat garam laut bagi kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan pencernaan, membantu mengontrol tekanan darah, dan mengontrol jumlah cairan dalam tubuh. Selain itu, garam ini juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

BACA JUGA  3 Manfaat Masker Kunyit bagi Kesehatan Wajah

Berikut manfaat garam laut untuk kecantikan yang perlu diketahui:

  1. Membantu Melembapkan Kulit

Jika kamu mengalami masalah kulit kering, sebaiknya jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembap tubuh. Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk berendam menggunakan air yang telah dicampurkan dengan garam laut. Kegiatan ini bisa membantu kamu untuk mengatasi kulit kering dan menurunkan risiko peradangan pada kulit.

Cobalah untuk berendam selama beberapa menit, kemudian bilas tubuh dengan air bersih. Lakukan kegiatan ini beberapa kali dalam satu minggu untuk hasil yang lebih optimal.

  1. Mencerahkan Kuku

Kuku yang mengalami kerusakan terkadang membuat rasa percaya diri menurun. Selain melakukan perawatan di klinik kecantikan, kamu juga bisa melakukan perawatan di rumah dengan menggunakan garam laut. Garam ini bisa membantu untuk menyehatkan dan mencerahkan kuku yang kusam.

Kamu bisa campurkan perasan air lemon, setengah gelas air hangat, dan satu sendok teh garam laut. Rendam kuku yang kusam selama 10 menit, kemudian sikat dengan lembut bagian tersebut. Proses ini akan membuat kotoran yang menempel pada kuku menghilang sehingga kuku terlihat lebih sehat dan cerah.

  1. Mengatasi Mata yang Bengkak

Mata yang bengkak setelah bangun tidur terkadang membuat penampilan sedikit terganggu. Jangan khawatir, kamu bisa mengatasi mata bengkak menggunakan garam dapur.

Caranya campurkan satu sendok teh garam laut ke dalam air hangat. Aduk campuran tersebut hingga garam larut. Siapkan kapas dan basahi dengan campuran air serta garam laut. Letakkan kapas pada area mata yang bengkak dan kompres selama beberapa menit. Ulangi hingga area mata kembali membaik.

Itulah beberapa manfaat garam laut untuk kecantikan yang perlu kamu ketahui. Namun, jika penggunaan garam laut tidak membuat keluhan kesehatan yang kamu alami membaik, sebaiknya segera buat janji pemeriksaan di rumah sakit.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Foto Kencan Kembali Bocor, Netizen Frustasi Agensi V dan Jennie Masih Bungkam

Sejak foto pertama yang diduga adalah V BTS dan Jennie BLACKPINK bocor pada bulan Mei tahun ini, penggemar dengan cemas menunggu YG Entertainment atau...

Gaya Hidup

3 Rekomendasi Susu Peninggi Badan yang Perlu kalian Ketahui

Memiliki tinggi badan ideal adalah impian hampir  semua orang. Banyak orang yang merasa tinggi badannya kurang ideal dan melakukan berbagai cara untuk menambah tinggi...

Peristiwa

Wanita di Jakarta Pusat Tabrakan Diri ke Kereta Api

N (28) tahun, Seorang wanita  mencoba menabrakkan diri ke kereta api yang melintas di pelintasan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Korban mencoba mengakhiri hidupnya...

Hukum

Miris! 4 Siswi SD di Pesisir Barat Dicabuli Penjaga Sekolah

Seorang penjaga sekolah dilaporkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Pesisir Barat (Pesibar) karena kasus pencabulan yang dilakukannya. Pelaku berinisial...

Iklan3