3 Agen Mossad Israel Diringkus, Setelah Gagal Bunuh Ahli Nuklir Iran

Tiga orang yang diduga adalah anggota Badan Intelijen Israel, Mossad, yang mendapat tugas untuk membunuh pakar nuklir Iran, berhasil diringkus otoritas keamanan Iran.

Dilansir VIVA Militer dari Al-Monitor, kabar diringkusnya tiga orang Mossad  tersebut diungkap oleh seorang jaksa dari kota Zahedan, Mehdi Shamsabadi.

Menurut Sabadi, ketiga orang mata-mata Israel itu ditangkap pada April 2022 lalu. Seluruh agen intelijen Israel itu dicokok dari tiga tempat berbeda, setelah Kementerian Intelijen Iran mengawasi dan memantau setiap pergerakannya.

Shamsabadi mengatakan juga, ketiganya telah mengakui bahwa mereka tengah menjalankan misi untuk membunuh ahli nuklir Iran. Salah satu ilmuwan nuklir Iran yang tewas dibunuh intel Israel adalah Mohsen Fakhrizadeh, pada 27 November 2020.

Fakhrizadeh tewas diberondong senjata mesin seberat satu ton di dalam mobilnya. Senjata mesin tersebut diselundupkan Israel ke Iran, dan dikontrol melalui satelit saat akan mengeksekusi ilmuwan itu di Provinsi Absard, Teheran.

“Mereka telah ditugaskan untuk membunuh ilmuwan nuklir. Menghadapi bukti yang memberatkan, ketiganya sama sekali tidak menunjukkan keberatan atas surat perintah penangkapan mereka,” ujar Shamsabadi.

Dalam 10 tahun terakhir, setidaknya ada lima orang ilmuwan nuklir Iran yang terbunuh. Iran meyakini bahwa Israel ada di belakang serangkaian pembunuhan para ilmuwan.

Pemerintah Iran juga meyakini ada aksi infiltrasi dan sabotase yang dilakukan oleh Mossad, dalam beberapa bulan terakhir.

Salah satu buktinya adalah peristiwa pembunuhan perwira satuan elite militer Garda Revolusi Islam Iran (IRGC), Kolonel Hassan Sayyad Khodaei, 22 Mei 2022. Khodaei tewas diberondong dua orang agen Israel di depan rumahnya sendiri di Teheran.

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Longsor di Pasaman Barat, Satu Warga Tewas

Bencana longsor terjadi Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Akibat longsor ini, satu orang tewas tertimbun sementara beberapa mobil juga terjebak. Kapolsek Talamau AKP Junaidi mengatakan,...

Hukum

Kejagung Periksa Mantan Mendag M Lutfi sebagai Saksi Kasus Ekspor CPO

Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa dua orang saksi terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam Pemberian Fasilitas Ekspor Crude Palm Oil (CPO) dan turunannya pada...