2 Pabrik Tahu Berformalin Disegel BPOM Bogor

Sebuah pabrik tahu berformalin ditemukan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di kawasan Parung, Kabupaten Bogor. Ada dua pabrik tahu yang ditemukan menggunakan formalin.

“Hari ini kami konferensi pers salah satu temuan yang dikaitkan untuk bahan berbahaya ini ya di jalur pangan, terutama ini adalah formalin. Ini temuan yang cukup besar saya kira dan sangat strategis,” ungkap Kepala BPOM Penny K Lukito, Jumat (10/6).

“Apalagi tahu, karena ini produk konsumsi yang biasa kita makan. Jadi ternyata masih kita temukan fasilitas produksi tahu yang masih menggunakan pengawet formalin,” lanjutnya.

Sejumlah barang bukti, seperti formalin hingga tahu berformalin hasil produksi pabrik, ditampilkan dalam konferensi pers ini. Ada dua orang yang diamankan dalam penggerebekan ini.

“Dua calon tersangka di sini S (35) tahun dan di sana N (48) tahun. Kalau dalam izinnya, sebagai pemilik,” jelas Kepala Balai Besar POM Bandung Sukriadi Darma.

Dua pabrik tahu berformalin tersebut bisa memproduksi 1,9 ton tahu per hari. Omzet pabrik bisa mencapai Rp 2-3 miliar per tahun.

“Produksinya itu 1-2 ton, kemudian omzetnya Rp 2-3,5 miliar per tahun. Kalau pabrik ini Rp 1,5 M (omzetnya), produksinya per hari itu 700 kg per hari kalau di sini,” katanya.

BPOM juga akan bekerja sama dengan Pemkab Bogor untuk menutup dan menghentikan kegiatan produksinya.

“Untuk pabrik kita akan lakukan penghentian kegiatan. Nanti akan bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Bogor. Kemudian untuk produksinya akan kita hentikan, terutama karena kita sudah mendapatkan formalin,” katanya.

Kedua pelaku akan dijerat dengan Pasal 136 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dengan ancaman hukuman paling lama 5 tahun penjara atau denda Rp 10 miliar. (Kay)

Tinggalkan Balasan

Must Read

- Advertisement -

Hot News

Pakai Sandal Jepit Saat Mengendarai Sepeda Motor Tidak akan Kena Tilang

Pengendara motor yang menggunakan sandal jepit dipastikan oleh polisi tidak akan ditilang. Namun, polisi akan terus mengimbau kepada pengendara motor agar tidak riding menggunakan...

Gaya Hidup

Ini Cara Hilangkan Bau Badan agar Tidak Insecure

Bau badan yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri. Hal ini bisa diatasi dengan cara perawatan tubuh dan menghindari makanan atau...

Peristiwa

Mobil Muatan Ikan Hantam Rumah Warga di Lampung Barat

Kecelakaan tunggal terjadi, Diduga mengalami rem blong mobil box Nopol K 1318 TD menabrak sebuah rumah di Pekon Batu Kebayan, Kecamatan Batu Ketulis, Lampung Barat....

Hukum

Siswi SMP di Pringsewu Dicabuli 3 Pemuda

Tiga orang pemuda asal Ambarawa, Pringsewu diringkus Polsek Pringsewu beberapa hari yang lalu. Ketiganya berinisial Y (14) tahun, P (19) tahun dan A (23)...